HOME, Bugar

5 Olahraga Ringan yang Bisa Anda Lakukan Selama WFH

5 Olahraga Ringan yang Bisa Anda Lakukan Selama WFH

MOMSMONEY.ID - Selama pandemi berlangsung, sebagian besar orang diharuskan untuk menghabiskan waktunya lebih banyak di rumah.

Berbagai kegiatan yang sebelumnya harus dilakukan diluar rumah, sekarang dapat dilakukan di dalam rumah, salah satunya adalah bekerja atau sekarang dikenal dengan istilah work from home (WFH).

Hal ini menyebabkan berkurangnya aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik dianggap sebagai salah satu komponen utama dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. World Health Organization(WHO) menyarankan untuk tetap aktif dan melakukan olahraga di rumah. 

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Mencegah Demensia di Usia Muda

Untuk mengatasi kebosanan tersebut serta membuat badanmu tetap bugar, Dilansir dari Women Health, tak ada salahnya Anda mencoba 5 olahraga ringan di rumah selama WFH berikut ini: 

1. Berlari-lari kecil di teras rumah

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama WFH pertama adalah cobalah untuk melakukan lari-lari kecil di teras rumah.

Bagi Anda  yang terbiasa berolahraga lari selepas pulang dari kantor mungkin akan banyak terganggu di masa-masa WFH ini.

Tapi jangan bingung, Anda  masih bisa melakukan latihan lari dan peregangan di teras halaman rumah sambil berjemur.

Cobalah untuk berlari di area taman rumah atau teras lalu hitung berapa banyak Anda  mampu bolak-balik di area tersebut. 

Kegiatan berlari-lari kecil ini bisa Anda lakukan setiap hari selama sekitar 15 menit atau Anda  pun bisa melakukan 3 kali dalam seminggu. 

2. Naik turun tangga

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama WFH kedua adalah naik turun tangga. Aktivitas fisik juga dapat dilakukan dengan naik turun tangga di rumah sebanyak yang Anda bisa.

Kegiatan ini bisa digunakan sebagai kesempatan Anda untuk tetap bergerak aktif.

3. Bakar kalori dengan melakukan pekerjaan rumah

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama WFH ketiga adalah Anda bisa bakar kalori dengan melakukan pekerjaan rumah. 

Anda juga dapat menggunakan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah dan mencuci baju sebagai cara untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Perut Secara Efektif dan Aman yang Perlu Anda ketahui

4. Angkat beban dengan menggunakan botol air 

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama WFH keempat adalah angkat beban dengan menggunakan botol air. Anda pun bisa memanfaatkan botol minum sebagai pengganti dari dumbell.

Untuk Anda  yang terbiasa berolahraga di gym sebelum pandemi Corona terjadi tentunya merasa terganggu. Anda  masih bisa berolahraga di rumah, salah satunya dengan angkat beban.

Letakkan dua botol minum berukuran standar di kedua tanganmu, lalu mulailah melakukan gerakan seperti layaknya Anda  sedang mengangkat beban. Lakukan gerakan ini sekitar 10 menit bagus untuk peragangan otot. 

5. Manfaatkan meja untuk push up

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama WFH kelima adalah Manfaatkan juga meja kerja untuk melakukan push up. 

Tips olahraga ringan di rumah lainnya yang bisa Anda  coba adalah dengan melakukan push up di meja kerja. Lantaran push up di lantai terdengar sangat biasa dan mungkin Anda  sudah sering melakukannya. 

Cobalah menggunakan meja kerjamu untuk menahan beban saat Anda  melakukan push up. Tetapi sebelum melakukan gerakan ini, pastikan meja kerja cukup kokoh menopang berat badan, bila perlu sandarkan meja itu ke arah tembok agar lebih kuat. 

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama WFH. Pastikan lakukan dengan rutin untuk menajga kesehatan selama WFH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News