Keluarga

5 Nutrisi yang Bagus untuk Kesehatan Rambut, Yuk Konsumsi Secara Rutin!

5 Nutrisi yang Bagus untuk Kesehatan Rambut, Yuk Konsumsi Secara Rutin!

MOMSMONEY.ID - Sehat atau tidaknya rambut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antaranya adalah genetika, stress, paparan bahan kimia atau polusi dalam jangka panjang, obat-obatan, penuaan, perubahan hormon, kondisi kesehatan, dan makanan.

Berbicara tentang makanan, Anda perlu memerhatikan betul nutrisi dari setiap makanan yang hendak Anda konsumsi jika menginginkan rambut yang senantiasa terjaga kesehatannya.

Melansir laman Clinicians, ada 5 nutrisi dalam makanan yang patut Anda konsumsi secara rutin karena bagus untuk kesehatan rambut. Berikut kelima nutrisi tersebut.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Lakukan Perawatan Keratin bagi Rambut Berikut Ini!

1. Hyaluronic acid

Flaxseed

Nutrisi pertama yang bagus untuk kesehatan rambut adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat. Baik untuk rambut kering, hyaluronic acid adalah bahan kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan bisa ditemukan di kulit, jaringan, serta mata. Kendati demikian, produksi hyaluronic acid dalam tubuh cenderung berkurang seiring bertambahnya usia.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mampu membantu meningkatkan produksi hyaluronic acid. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung hyaluronic acid, itu dapat memberikan kelembaban pada kulit kepala sekaligus mencegah rambut menjadi rapuh dan kering.

Makanan kaya hyaluronic acid: wortel, alpukat, flaxseed, buah-buahan sitrus, dan walnut.

2. Biotin atau vitamin B7

Kuning Telur

Nutrisi kedua yang bagus untuk kesehatan rambut adalah biotin atau vitamin B7. Baik untuk folikel rambut dan pertumbuhan rambut, biotin mampu mendorong produksi keratin (protein yang membentuk sebagian besar bagian rambut). Selain itu, biotin juga dapat mendukung kecepatan pertumbuhan folikel rambut.

Meskipun begitu, tubuh kita cenderung tidak bisa menyimpan nutrisi ini dalam waktu lama. Jadi, Anda perlu memenuhi asupannya dengan mengonsumsi makanan kaya biotin secara teratur.

Makanan kaya biotin: liver ayam, kuning telur, kedelai, kelapa kering, dan kacang panggang tanpa garam.

3. Kolagen

Daging sapi

Nutrisi ketiga yang bagus untuk kesehatan rambut adalah kolagen. Baik untuk pertumbuhan rambut dan volume rambut, kolagen berkontribusi pada elastisitas dan kekuatan kulit yang menahan akar folikel rambut pada tempatnya. Hal ini menjadikan kolagen sebagai nutrisi utama untuk mendukung volume rambut.

Sama halnya dengan hyaluronic acid, kolagen juga dapat ditemukan di dalam tubuh dan produksinya cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Itulah sebabnya Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kolagen guna membantu meningkatkan produksi kolagen secara alami.

Makanan kaya kolagen: kaldu tulang, daging sapi, daging ayam, susu, kacang merah, lentil, dan buncis.

Baca Juga: Perbanyak Konsumsi 4 Nutrisi Ini untuk Tingkatkan Produksi Kolagen

4. Astaxanthin

Ikan Salmon

Nutrisi keempat yang bagus untuk kesehatan rambut adalah astaxanthin. Baik untuk pertumbuhan rambut, volume rambut, dan rambut beruban, astaxanthin merupakan antioksidan alami sekaligus zat yang memberikan warna merah muda atau merah pada salmon, udang, kepiting, dan lobster.

Sifat antioksidan yang terdapat dalam astaxanthin mampu membantu melindungi folikel rambut dari tekanan lingkungan yang terlalu banyak. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa astaxanthin juga bisa membantu memperlambat pertumbuhan rambut beruban.

Makanan kaya astaxanthin: seafood berwarna merah dan ganggang merah.

5. Zinc

Kacang Mete

Nutrisi kelima yang bagus untuk kesehatan rambut adalah zinc. Baik untuk pertumbuhan rambut, folikel rambut, dan rambut rontok, zinc termasuk mineral yang penting untuk rambut dalam beberapa cara.

Selain dapat membantu membangun rambut dan mendukung pertumbuhannya yang sehat, zinc juga penting untuk mendukung kadar hormon yang normal pada tubuh. Tentu, fungsi zinc yang demikian relevan dengan rambut, karena ketidakseimbangan hormon berisiko memengaruhi ketebalan rambut.

Makanan kaya zinc: daging merah, lentil, kacang mete, kacang tanah, biji rami, dan biji bunga matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News