HOME, Bugar

5 Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

5 Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Mitos kehamilan yang beredar di masyarakat dan tidak sedikit orang yang meyakini bahwa mitos tersebut adalah benar. Padahal, banyak dari mitos tersebut yang tidak terbukti kebenarannya,

Saat mendengar berbagai informasi terkait kehamilan, jangan langsung percaya begitu saja dan menjalaninya. Apalagi jika informasi tersebut terdengar tidak masuk akal dan tidak jelas sumbernya. Berikut ini adalah beragam mitos kehamilan yang banyak beredar di masyarakat, beserta penjelasannya secara medis.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Program Hamil

1. Tidak boleh mewarnai rambut

Banyak yang bilang jika ibu hamil tidak boleh mewarnai rambut. Mewarnai rambut tidak berdampak buruk untuk Anda maupun janin, selama dilakukan dengan benar.

Jika ingin mewarnai rambut, sebaiknya hindari mewarnai rambut saat trimester pertama. Tunggu hingga usia kehamilan memasuki trimester kedua. Anda juga bisa mengganti pewarna rambut kimia dengan henna atau menghindari pewarna yang mengandung bau amonia menyengat. 

2. Tidak boleh minum kopi

Bagi kamu pecinta kopi, larangan ini tentu menyiksa. Sebenarnya, mengonsumsi kopi saat hamil tidak dilarang asalkan tahu batasannya.

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi kafein terlalu banyak bisa meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Oleh sebab itu, saat hamil jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari. Jumlah kafein ini setara dengan sekitar satu gelas kopi instan atau 3 cangkir teh.

3. Tidak boleh berolahraga

Saat sedang mengandung, Anda tetap bisa berolahraga, bahkan aktivitas ini sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Namun, dengan catatan, olahraga yang dilakukan ibu hamil janganlah terlalu berat, apalagi sampai membuat dehidrasi dan kelelahan.

Berolahraga selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu sudah bisa memberikan manfaat yang baik untuk dirimu dan janin. 

Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil meliputi senam hamil, latihan Kegel, berenang, berjalan, hingga yoga dan pilates ibu hamil.

4. Tidak boleh berhubungan seks

Banyak orang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan hubungan intim. Hal ini karena ada anggapan bahwa berhubungan intim saat hamil bisa menyakiti janin dan berpotensi menyebabkan keguguran.

Informasi ini hanyalah mitos belaka. Selama kehamilan sehat dan normal, kamu masih tetap bisa melakukan hubungan intim dengan pasanganmu.

Janin dalam kandungan sepenuhnya dilindungi oleh kantung dan cairan ketuban, otot rahim yang kuat, dan lendir yang tebal pada leher rahim.

Oleh karena itu, keguguran tidak ada hubungannya dengan aktivitas hubungan intim. Sebagian besar keguguran terjadi akibat janin tidak berkembang dengan baik.

5. Harus makan dengan porsi dua kali lipat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa perempuan hamil harus mengonsumsi makanan sebanyak dua porsi, yaitu untuk dirinya sendiri dan untuk janin dalam kandungannya.

Memang benar bahwa perempuan hamil memerlukan nutrisi dan kalori lebih banyak, tapi itu tidak membuatmu harus menyantap makanan sebanyak dua kali porsi biasanya.

Jika memiliki berat badan normal, Anda hanya membutuhkan tambahan 300 kalori tiap hari. Asupan ini sudah cukup untuk mendukung pertumbuhan janin. Jadi, tidak perlu menambah porsi makan terlalu banyak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil.

 Baca Juga: Kehamilan Ektopik: Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Mulai sekarang, lebih cermatlah dalam menyikapi berbagai mitos kehamilan. Jangan langsung memercayai perkataan orang lain yang bertentangan dengan anjuran dokter.

Jika terdapat mitos kehamilan yang membuatmu bingung, coba diskusikan dengan dokter kandungan saat kamu menjalani pemeriksaan kehamilan.

Selanjutnya: Mengenal 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News