HOME, Bugar

5 Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

5 Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Nyeri menstruasi memang sangat membuat tidak nyaman dan kerap mengganggu aktivitas. 

Namun, mengonsumsi minuman yang tepat saat menstruasi bisa membantu membuat memberi perasaan nyaman.  

Meredakan gejala haid, termasuk nyeri, kram, serta kelelahan bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman tertentu, dilansir dari Mayo Clinic. 

Baca Juga: Ada Benjolan pada Miss V? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Women Health, berikut ini beberapa minuman yang baik dikonsumsi saat menstruasi, antara lain:  

1. Teh jahe 

Minuman yang baik dikonsumsi saat menstruasi pertama adalah teh jahe. Segelas teh jahe hangat juga bisa menjadi solusi dan baik dikonsumsi saat menstruasi. 

Jahe memiliki manfaat anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi nyeri yang muncul pada periode menstruasi.  

Teh jahe juga bisa membantu mengatasi gejala mual yang dialami dan membantu tubuh merasa lebih nyaman.   

2. Coklat panas

Minuman yang baik dikonsumsi saat menstruasi kedua adalah coklat panas. Cokelat hitam juga bisa memperbaiki suasana hati.

Kalau istilah kekiniannya orang yang sedang menstruasi bisa menjadi lebih sensitif atau baperan. Mengonsumsi cokelat hitam dalam bentuk minuman, bisa menghilangkan baperan.  

3. Jus buah 

Minuman yang baik dikonsumsi saat menstruasi selanjutnya adalah jus buah. Jus buah bisa membantu membuat perut dan tubuh terasa lebih nyaman, terutama saat menstruasi. 

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi jus buah yang mengandung gula alami juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan manis tubuh dengan aman.   

Baca Juga: Moms Perlu Coba! Inilah 5 Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan saat Program Hamil

4. Kombucha

Minuman yang baik dikonsumsi saat menstruasi keempat adalah kombucha. Kombucha merupakan minuman yang kaya akan probiotik. 

Probiotik ini berguna untuk menutrisi bakteri baik yang ada pada vagina, sehingga bisa melawan infeksi, terutama saat menstruasi.  

5. Air putih 

Minuman yang baik dikonsumsi saat menstruasi terakhir adalah air putih. Tidak banyak wanita yang mengerti bahwa mengonsumsi air putih selama haid adalah hal yang penting dilakukan. 

Minum air putih tidak akan membuat perut kembung malahan bisa membantu menghidrasi tubuh, sehingga terhindar dari pusing akibat dehidrasi.  

Jika nyeri haid semakin buruk dan tidak mereda, cobalah lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Sebab, bisa jadi nyeri haid yang muncul merupakan tanda kondisi yang lebih buruk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News