CLOSE [X]
ads

5 Minuman untuk Membantu Tidur Lebih Cepat

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:55 WIB
5 Minuman untuk Membantu Tidur Lebih Cepat


MOMSMONEY.ID - Mungkin Anda pernah merasa lelah namun kesulitan untuk memejamkan mata dengan segera. Saat situasi semacam itu kembali terjadi, jangan lantas bermain gadget untuk mendatangkan rasa kantuk. Justru, paparan blue light dari gadget dapat membuat Anda semakin susah untuk tertidur.

Sebagai gantinya, Anda bisa bergegas ke dapur dan meracik minuman yang telah terbukti mampu memberikan efek menenangkan serta memudahkan Anda untuk tertidur.

Dilansir dari Medical News Today dan Women’s Health, inilah 5 minuman yang layak Anda coba untuk membantu mengatasi kesulitan tidur dan membuat Anda tidur lebih cepat.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan AC, Bikin Boros Listrik!

1. Teh chamomile

Teh chamomile

Teh chamomile dipercaya mampu mengobati insomnia karena efeknya yang menenangkan. Para peneliti meyakini bahwa efek tersebut berasal dari kandungan flavonoid yang ada di dalam teh chamomile.

Adapun jenis flavonoid yang terdapat pada teh chamomile bernama apigenin. Apigenin merupakan flavonoid yang mengikat reseptor benzodiazepine di otak yang memiliki efek sedatif.

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap teh chamomile. Meskipun demikian, Food and Drug Administration (FDA) tetap menempatkan teh chamomile ke dalam daftar minuman yang aman untuk dikonsumsi.

2. Teh lavender

Teh lavender

Tak hanya memiliki efek yang menenangkan, teh lavender juga diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur menurut sebuah studi dari Taiwan.

Para peneliti menunjukkan bahwa peserta pengujian yang meminum teh lavender merasakan lebih sedikit kelelahan dibandingkan yang tidak meminumnya sama sekali. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba teh lavender ketika kelelahan atau kesulitan tidur melanda.

3. Susu

Susu murni

Susu mengandung asam amino yang disebut triptofan. Setelah dikonsumsi, triptofan dalam susu akan diubah menjadi zat yang dapat membantu Anda untuk tidur termasuk serotonin dan melatonin.

Studi yang membandingkan efek minum susu sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur memanglah masih kurang. Namun, jika Anda tidak mengalami intoleran laktosa atau alergi susu, meminum segelas susu hangat sebelum tidur tetap layak untuk Anda coba guna memudahkan tidur.

4. Susu almond

Susu almond

Susu almond memiliki kandungan triptofan dan melatonin yang tinggi. Dalam susu almond, ada juga kandungan magnesium yang menurut beberapa penelitian bermanfaat untuk menjaga siklus tidur-bangun yang normal pada manusia.

Berkat kandungan magnesiumnya, susu almond diklaim mampu memastikan kualitas tidur yang lebih baik.

5. Teh hijau tanpa kafein

Teh hijau

Teh hijau tanpa kafein mengandung senyawa yang disebut L-theanine. Senyawa ini mampu membantu meningkatkan perasaan rileks yang mungkin Anda butuhkan untuk tertidur dengan mudah.

Dalam satu studi di tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa menghilangkan zat kafein dalam teh hijau dan membiarkan L-theanine bekerja dengan maksimal merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi stres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER