Keluarga

5 Minuman Anti-Aging Alami yang Layak Anda Coba

5 Minuman Anti-Aging Alami yang Layak Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda mendambakan kulit yang senantiasa sehat dan tampak awet muda? Jika benar demikian, maka daftar minuman yang akan MomsMoney paparkan kali ini tidak boleh Anda lewatkan.

Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, minuman-minuman ini juga memiliki kemampuan anti-aging alami yang akan membantu Anda menciptakan tampilan kulit yang awet muda.

Tanpa basa-basi, inilah 5 minuman anti-aging alami yang layak Anda coba sebagaimana dilansir dari Oralift.

Baca Juga: 6 Manfaat Bermain di Alam bagi Anak-Anak, Yuk Catat!

1. Air

Air putih

Air tidak hanya penting untuk menjaga kelembaban dan elastisitas alami kulit, tetapi juga bisa membantu mengatur suhu tubuh melalui keringat. Tanpa air yang cukup dalam diet harian Anda, kulit Anda akan tampak lebih kusam dan kerutan serta garis-garis halus akan terlihat lebih menonjol.

Air dapat membuat kulit tetap terlihat segar sekaligus mampu mengisi kerutan dan pori-pori penyebab wajah tampak lebih tua dari usia seharusnya.

Selain minum 8 gelas atau 2 liter air per hari, Anda juga harus makan makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan dan sayuran serta melembabkan kulit dari luar dengan menggunakan pelembab.

2. Jus jeruk bali merah

Jeruk bali merah

Penelitian dari European Journal of Pharmaceutics and Biopharmaceutics menunjukkan bahwa grapefruit atau jeruk bali merah mengandung likopen dan karotenoid yang dikenal dapat menjaga kulit tetap halus.

Kandungan vitamin dalam jeruk bali merah dapat merangsang produksi kolagen yang bisa meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit serta mengurangi beberapa tanda penuaan.

Karena jus jeruk bali merah juga mengandung antioksidan seperti retinol, maka minuman ini baik untuk meratakan warna kulit, merawat pigmentasi, dan memperbarui kulit yang rusak. Plus, jus jeruk bali merah mengandung mineral seperti potassium yang bermanfaat untuk membantu menghaluskan kerutan dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

3. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau telah digunakan selama berabad-abad dan terkenal karena manfaat kesehatannya. Saat ini, banyak kalangan termasuk selebriti dan ahli gizi yang menyesap teh hijau karena minuman ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Berkat sifat anti-inflamasi dan anti-wrinkle yang terkandung di dalamnya, teh hijau mampu membantu melindungi kulit di sekitar mata dari pigmentasi, kendur, dan kerutan. Di sisi lain, para ilmuwan sepakat bahwa teh hijau dapat mengurangi kerusakan kulit, menunda penuaan kolagen, dan mengurangi kerutan.

Penelitian baru telah menemukan bahwa senyawa EGCG dalam teh hijau bisa melindungi kulit dari sinar UVB, mencegah penuaan kulit, dan bahkan menawarkan efek pencegahan kanker.

4. Jus buah bit

Buah bit

Jus anti-aging lainnya yang layak Anda coba adalah jus buah bit. Tak hanya bagus untuk kulit, jus buah bit juga dapat membantu sirkulasi ke otak dan mencegah atau memperlambat efek dari kondisi seperti demensia.

Dalam buah bit, terdapat kandungan nitrat yang diketahui bisa menunda penurunan kognitif dan penyakit alzheimer.

5. Kakao hangat

Minuman kakao

Kakao dikenal mampu meningkatkan elastisitas kulit. Dikemas dengan flavanol, kakao dapat melebarkan pembuluh darah dan memungkinkan darah bersirkulasi lebih bebas ke seluruh tubuh serta menjaga kulit tetap sehat.

Penelitian menemukan bahwa kakao bisa meningkatkan aliran darah ke otak, mendorong pertumbuhan sel, dan meningkatkan toleransi olahraga. Dalam sebuah studi tahun 2014 tentang efek konsumsi cokelat hitam dan olahraga, pria yang makan 40 gram cokelat hitam per hari melihat peningkatan yang signifikan dalam jarak bersepeda dibandingkan pria yang makan 40 gram cokelat putih.

Jika Anda tertarik untuk mulai mengonsumsi kakao secara teratur, pastikan untuk memilih bubuk kakao organik rendah gula. Sebaliknya, hindari bubuk kakao yang mengandung banyak gula karena akan memberikan efek sebaliknya yaitu menyebabkan peradangan, kulit kering, dan penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News