Keluarga

5 Minuman Alami yang Bermanfaat untuk Melancarkan BAB

5 Minuman Alami yang Bermanfaat untuk Melancarkan BAB

MOMSMONEY.ID - Susah BAB (buang air besar) atau sembelit merupakan masalah pencernaan yang tak jarang dialami oleh banyak orang.

Mengutip Hello Sehat, permasalahan susah BAB bisa disebabkan oleh beberapa hal di antaranya pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, penggunaan obat-obatan tertentu, menstruasi, kehamilan, jarang olahraga, kebiasaan menahan BAB, stres, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Susah BAB memang bisa ditangani dengan minum obat pencahar siap minum yang beredar di pasaran. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu sering mengonsumsi obat pencahar karena dapat menyebabkan permasalahan baru seperti diare serta penumpukan atau penyumbatan tinja dalam usus.

Melansir laman Healthline, Medical News Today, dan Livestrong.com, ada beberapa minuman alami yang bermanfaat untuk membantu melancarkan BAB sehingga sangat layak untuk Anda jadikan sebagai alternatif obat pencahar. Berikut 5 di antaranya.

Baca Juga: Gusi Sering Bengkak? Inilah Cara Efektif Mengatasinya

1. Kefir

Kefir

Minuman pertama yang bermanfaat untuk melancarkan BAB adalah kefir. Kefir merupakan produk susu yang kaya akan probiotik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kefir dapat membantu usus untuk bergerak.

Saat Anda mengonsumsi kefir setiap hari selama 4 minggu, frekuensi dan konsistensi tinja akan meningkat. Bahkan, penggunaan pencahar cenderung menurun pada sekelompok kecil orang yang mengalami sembelit kronis setelah rutin mengonsumsi kefir, menurut studi klinis di Turkish Journal of Gastroenterology pada Juli 2019.

2. Air dan chia seeds

Chia seed

Minuman kedua yang bermanfaat untuk melancarkan BAB adalah air yang dicampur dengan chia seeds. Menambahkan satu sendok teh chia seeds ke dalam segelas air diklaim dapat melipatgandakan efek BAB. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan untuk membiarkan chia seeds terendam selama beberapa menit di dalam air sebelum Anda meminumnya.

Perlu Anda tahu bahwa sekitar 87% serat ditemukan dalam biji kecil tidak larut seperti chia seeds. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, serat tidak larut bermanfaat untuk membantu meredakan sembelit.

3. Jus apel

Buah Apel

Minuman ketiga yang bermanfaat untuk melancarkan BAB adalah jus apel. Mengonsumsi apel dapat membantu meringankan sembelit karena apel mengandung serat makanan dan sorbitol yang tinggi.

Menurut U.S. Department of AgricultureTrusted Source, satu buah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat dan 18,91 gram gula. Apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, serta pektin (serat larut dalam air yang bisa meningkatkan pergerakan usus).

Dibandingkan buah-buahan lainnya, jus apel mengandung fruktosa yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, minum jus apel dalam jumlah besar sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki usus sensitif karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.

4. Jus buah prune

Jus buah prune

Minuman keempat yang bermanfaat untuk melancarkan BAB adalah jus buah prune (plum yang dikeringkan). Termasuk jus yang populer untuk meredakan sembelit, kandungan sorbitol dalam jus buah prune mampu membantu melunakkan tinja sekaligus membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain mengonsumsinya dalam bentuk jus, Anda juga bisa memakan buah prune utuh untuk membantu mencegah sembelit. Intinya, buah prune sangat disarankan untuk dijadikan sebagai terapi lini pertama tatkala Anda mengalami sembelit ringan hingga sedang, menurut satu studi tahun 2011.

5. Air lemon

Air lemon

Minuman kelima yang bermanfaat untuk melancarkan BAB adalah air lemon. Lemon kaya akan vitamin C yang mana senyawa antioksidan ini dapat menarik air ke dalam usus. Ketika kadar air di dalam usus meningkat, itu dapat melunakkan tinja dan merangsang BAB.

Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan segelas air kemudian meminumnya guna membantu meringankan sembelit. Atau, tambahkan perasan lemon ke dalam makanan untuk merangsang BAB sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News