5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Meningkatkan Kesabaran

Reporter: Ana Risma
Kamis, 10 Maret 2022 | 17:35 WIB
5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Meningkatkan Kesabaran

ILUSTRASI. 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental


MOMSMONEY.ID - Yoga dikutip dari Wikipedia adalah salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indra dan tubuhnya.

Selain posenya yang beragam, yoga juga menyimpan banyak manfaat positif yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan mental.

Patut dicoba, berikut 5 manfaat yoga untuk kesehatan mental sebagaimana dilansir dari Firstcry Parenting.

Baca Juga: 4 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental

1. Menenangkan pikiran

Salah satu alasan utama yoga sangat direkomendasikan yaitu karena pose yoga menggabungkan postur yang rumit dan latihan pernapasan yang terkenal dapat menenangkan tubuh sekaligus pikiran.

Dengan menerapkan berbagai pose yoga, itu akan membantu mencegah serangan kecemasan atau serangan panik yang merupakan masalah kesehatan mental paling umum.

2. Membantu fokus

Orang-orang yang memiliki gangguan seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sering diminta untuk mencoba yoga. Pasalnya, yoga dapat membantu untuk merasa relaks, memusatkan tubuh, dan membantu pikiran untuk fokus.

ADHD sendiri adalah gangguan yang secara langsung memengaruhi fokus dan retensi perhatian. Nah, dengan melakukan yoga, itu akan menggabungkan teknik pernapasan dan meningkatkan fokus sehingga akan sangat membantu para pengidap ADHD.

3. Meningkatkan mood

Latihan fisik akan melepaskan bahan kimia otak yang sehat seperti endorfin dan dopamin. Alhasil, suasana hati akan menjadi seimbang dan masalah kesehatan mental yang umum terjadi seperti depresi bisa teratasi saat Anda rajin melakukan latihan fisik.

Salah satu latihan fisik yang direkomendasikan oleh terapis adalah yoga. Yoga memiliki kemampuan untuk menciptakan ketenangan mental dan konsentrasi serta meningkatkan suasana hati. Bahkan, yoga merupakan cara yang efektif untuk membantu mengelola gangguan bipolar yang mendorong perubahan suasana hati ekstrem.

4. Membantu membangun kepercayaan diri

Yoga dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah harga diri yang merupakan penyebab dari depresi dan kecemasan. Jika Anda termasuk orang yang sedang bermasalah dengan kepercayaan diri, maka yoga patut untuk Anda pertimbangkan.

Saat Anda melakukan yoga secara teratur, Anda pun akan terbantu untuk memusatkan tubuh dan mengembangkannya. Secara perlahan, pernapasan dalam yoga akan meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan keraguan terhadap diri Anda sendiri.

5. Meningkatkan kesabaran

Efek samping dari gangguan mental seperti kecemasan, depresi, dan bipolar adalah berkurangnya kesabaran. Pada akhirnya, gangguan-gangguan semacam itu akan menyebabkan ledakan kemarahan yang tidak terkendali.

Untuk membantu mengatasinya, yoga bisa Anda coba. Menggabungkan berbagai aktivitas pernapasan yang dikenal sebagai pranayama, yoga dapat membantu membersihkan tubuh dan pikiran Anda. Dengan sering berlatih yoga, itu akan meningkatkan kesabaran dan rasa keseimbangan batin Anda serta membantu mencegah ledakan kemarahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER