Bugar

5 Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui Orang

5 Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui Orang

MOMSMONEY.ID - Manfaat wheatgrass untuk kesehatan sangat banyak, meskipun tidak banyak orang tahu. Mulai dari membuang racun dari tubuh hingga melawan penyakit kanker.

Wheatgrass atau yang disebut juga dengan rumput gandum merupakan sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di luar maupun di dalam ruangan.

Wheatgrass akan dipanen pada awal pertumbuhannya sebelum tumbuh secara sempurna. Panen rumput gandum umumnya dilakukan antara 7 sampai 10 hari setelah mengeluarkan tunas. 

Melansir dari Nutrition and Cancer Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa manfaat wheatgrass untuk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Cegah Diabetes, Ini 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

1. Memperlancar pencernaan

Manfaat wheatgrass untuk kesehatan yang pertama adalah memperlancar pencernaan. Efek detoks tubuh dari wheatgrass juga sekaligus mampu membersihkan usus. 

Terlebih lagi, enzim yang terkandung di dalam wheatgrass juga membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi dengan baik.

Oleh karena itu, wheatgrass baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna, serta meredakan sembelit dan irritable bowel syndrome.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Manfaat wheatgrass yang kedua membantu menurunkan kadar kolesterol dan disebut mirip dengan atorvastatin, obat yang umum diresepkan dokter guna mengatasi kolesterol tinggi.

Studi dari Methods and Findings in Experimental and clinical Pharmacology menyebutkan, weatgrass membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah yang tinggi.

Meski begitu, studi tersebut masih terbatas pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efeknya terhadap manusia.

3. Memperkuat sistem imunitas tubuh

Manfaat wheatgrass untuk kesehatan yang ketiga bisa memperkuat sistem imunitas tubuh untuk menangkal infeksi kuman, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit.

Untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan tinggi nutrisi, seperti wheatgrass.

Baca Juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Sederet Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

4. Melawan penyakit kanker

Manfaat wheatgrass untuk kesehatan yang keempat adalah melawan penyakit kanker atau setidaknya mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mengonsumsi wheatgrass dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker mulut, kanker payudara, kanker leher rahim, kanker ovarium, dan leukemia.

5. Mengontrol gejala diabetes

Manfaat wheatgrass untuk kesehatan yang terkahir adalah mengontrol gejala diabetes. Tingginya kadar gula darah pada pengidap diabetes dapat memicu banyak gejala.

Wheatgrass diketahui dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Meski begitu, studi yang dilakukan masih terbatas pada hewan sebagai objek uji. 

Itulah beberapa manfaat wheatgrass untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui orang dan Anda perlu mengetahuinya untuk merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News