Bugar

5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan, Cegah Tanda Penuaan!

5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan, Cegah Tanda Penuaan!

MOMSMONEY.ID - Bisa diolah jadi apa saja, Anda perlu tahu manfaat tomat untuk kecantikan.

Kandungan yang dimiliki tomat dipercaya bisa merawat dan menjaga kecantikan kulit. 

Tak heran, tomat juga banyak digunakan sebagai bahan untuk produk-produk perawatan kulit.

Lebih jelasnya, simak lima manfaat tomat untuk kecantikan dilansir dari jovee.id, yaitu: 

Baca Juga: Simak 7 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding dengan Benar

1. Melindungi dari kanker kulit

Manfaat pertama tomat adalah melindungi dari kanker kulit. Paparan sinar matahari merupakan faktor utama risiko kanker kulit nonmelanona, yang meliputi karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Tomat mengandung lycopene, sejenis karotenoid yang ditemukan di berbagai jenis buah. Senyawa alami inilah yang memberi warna merah pada tomat.

Menurut para peneliti, lycopene inilah yang memiliki manfaat tomat untuk kecantikan karena punya efek antikanker yang kuat.

Hal ini didasarkan pada sebuah studi pada tikus yang diberi diet tomat. Tikus-tikus ini terjadi memiliki risiko tumor yang lebih minim ketimbang yang tidak diberi tomat.

2. Mengatasi risiko akibat sengatan matahari

Manfaat tomat selanjutnya adalah mengatasi risiko akibat sengatan matahari. Tomat bukanlah pengganti tabir surya, tetap kandungan lycopene di dalamnya memiliki efek fotoprotektif.

Konsumsi tomat mungkin memberikan beberapa perlindungan tubuh dari kemerahan atau sengatan matahari akibat sinar UV.

Sebuah studi di tahun 2006 menunjukkan bahwa setelah 10 hingga 12 minggu mengonsumsi lycopene, orang menunjukkan penurunan sensitivitas terhadap radiasi sinar UV.

Namun, tidak jelas apakah manfaat tomat untuk kecantikan ini sama jika tomat hanya dioleskan ke kulit, alih-alih memakannya.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Selalu Menyikat Kulit Saat Mandi, Kecilkan Pori-Pori

3. Merangsang produksi kolagen

Kemudian, kandungan di dalam tomat bisa merangsang produksi kolagen. Tomat mengandung sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh. 

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C yang terkandung dalam tomat dapat membantu merangsang produksi kolagen.

Secara umum, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit terasa jadi lebih kencang.

4. Mengangkat sel-sel kulit mati

Berikutnya, Anda bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Pengelupasan atau eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Dengan eksfoliasi, sel-sel kulit yang baru akan beregenerasi sehingga membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit kita.

Enzim yang terkandung dalam tomat dipercaya dapat memberikan manfaat pengelupasan kulit. Karenanya, banyak orang yang membuat scrub untuk tubuh dengan menggunakan gula dan tomat.

Tomat yang dihancurkan, dicampurkan dengan gula pasir secukupnya. Kemudian, campuran gula dan tomat ini digosokkan secara perlahan-lahan pada tubuh. Setelah itu, bilas tubuh dengan air.

Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit, Sering Dipakai Produk Skincare!

5. Mencegah tanda-tanda penuaan

Manfaat tomat untuk kulit lainnya adalah mencegah tanda-tanda penuaan. Tidak hanya vitamin C, tomat juga memiliki vitamin B, antara lain vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9.

Vitamin B ini memiliki sifat anti penuaan yang dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti flek hitam, garis halus, dan kerutan.

Selain itu, vitamin B juga berkontribusi dalam perbaikan sel-sel kulit.

Jadi, itulah beberapa manfaat tomat untuk kecantikan. Konsumsi tomat secara rutin, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News