Santai

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Mudah ditemui dan jadi makanan favorit, inilah sederet manfaat terong yang baik bagi kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol.

Terong adalah makanan penuh nutrisi yang lekat dengan warna ungu dan hijau. Dan, terong banyak dijadikan menu andalan saat memasak lalapan, sambal, dan lainnya.

Siapa sangka bahwa ternyata terong juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan kesehatan. Berikut di antaranya:

Baca Juga: 6 Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari, Apa Saja?

Tinggi antioksidan

Sayuran dan buah-buahan berwarna tentu sudah dikenal sebagai makanan dengan kandungan tinggi anti oksidan. Begitu juga terong yang populer dengan warna ungu ini.

Terong mengandung tinggi kandungan anthocyanins, pigmen dengan anti oksidan yang bisa mencegah resiko kerusakan sel dalam tubuh.

Antioksidan dikenal baik untuk melawan radikal bebas, penyebab penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung.

Membantu mengontrol gula darah

Sebagai makanan sehat, terong juga mengandung tinggi serat dan polyphenols. Laman Health Line menjelaskan, keduanya memiliki manfaat baik untuk membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Bahkan, terong juga banyak disarankan untuk dikonsumsi dalam menu diet penderita diabetes. Kebanyakan menunya mengandung makanan yang tinggi serat dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijan.

Baca Juga: 3 Manfaat Semangka untuk Kulit Wajah, Cegah Minyak Berlebih!

Mengontrol berat badan

Makanan tinggi serat wajib masuk dalam menu diet. Terong pun juga sebaiknya masuk dalam daftar tersebut.

Sebagai makanan yang tinggi serat dan rendah kalori, tentu terong bisa membantu untuk mengontrol berat badan saat melakukan program diet.

Di samping itu, terong yang tinggi serat tentu akan diserap lebih lama oleh tubuh, sehingga akan membantu menekan rasa lapar lebih lama.

Menurunkan kolesterol

Terong yang tinggi serat ini juga baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain tinggi serat, laman Medical News Today menyebutkan, antioksidan yang terkandung di dalam terong juga bisa membantu menurunkan tingkal kolesterol jahat dalam tubuh.

Sehingga, risiko penyakit kronis seperti jantung yang sering muncul karena kolesterol tinggi pun bisa dihindari juga.

Merawat kesehatan mata

Manfaat kesehatan lain yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi terong adalah bisa membantu merawat kesehatan mata. Terong mengandung antioksidan luthein dan zeaxantin.

Luthein dikenal sebagai pigmen yang membantu merawat kesehatan mata. Luthein juga penting untuk membantu mata terhindar dari risiko menurunnya penglihatan seiring dengan pertambahan usia.

Wah, bisa dikonsumsi secara rutin, itulah tadi sederet manfaat terong yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News