HOME, Keluarga

5 Manfaat Tanaman Air untuk Kehidupan Akuarium

5 Manfaat Tanaman Air untuk Kehidupan Akuarium

MOMSMONEY.ID - Sebagian orang mungkin berpikir bahwa meletakkan tanaman air di akuarium akan membuat air akuarium cepat kotor. Namun sebenarnya, tanaman air hidup yang ditambahkan dalam akuarium akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan di dalamnya. Artinya, ini tidak hanya semata-mata untuk kepentingan estetis mereka, tetapi juga manfaatnya dalam hal kimia dan biologis. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menambahkan tanaman air, dilansir dari Modern Aquarium, berikut 5 manfaat tanaman air untuk kehidupan akuarium.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merek Makanan Kering untuk Ikan Hias

Sistem Filtrasi Kimia Alami

Saat ditambahkan ke dalam akuarium, semua jenis tanaman air hidup akan bertindak sebagai sistem penyaringan alami. Mereka akan berperan menghilangkan limbah yang berpotensi beracun melalui daun dan substrat, seperti nitrat yang dihasilkan oleh bahan yang membusuk dan limbah yang dikeluarkan oleh ikan.  

Kendati demikian, tanaman air tidak boleh digunakan untuk menggantikan filter mekanis. Melainkan sebagai sumber ekstra filtrasi kimia. Dengan begitu, ini akan memaksimalkan kualitas air.

Mengoksigenasi Air

Tanaman hidup akan berfotosintesis. Artinya, tanaman air akan melepaskan oksigen ke dalam air dan menyerap karbon dioksida yang dihasilkan oleh ikan melalui respirasi mereka. Air yang mengandung banyak oksigen akan membuat kehidupan ikan menjadi lebih sehat.

Pengurangan Alga

Saat Anda memiliki akuarium tanpa tanaman, Anda tentu tak asing dengan pertumbuhan alga yang terus-menerus. Namun, ketika Anda menambahkan tanaman air (terutama tanaman batang yang tumbuh lebih cepat), Anda sebenarnya akan membuat ganggang kelaparan, sehingga pertumbuhan alga akan berkurang. Meskipun ini cukup ampuh mengatasi pertumbuhan alga, perawatan tangki akuarium harus tetap dilakukan ya, Moms! Anda juga dapat membantu tanaman dalam mengatasi alga dengan menambahkan keong pemakan alga, seperti keong nerit atau ikan plecos.

Baca Juga: Hal-Hal yang Dapat Menyebabkan Ikan Akuarium Ogah Makan

Meniru Habitat Alami Ikan

Tanaman air tidak hanya memperindah penampilan akuarium Anda, tetapi juga membuat lingkungan hidup ikan menjadi lebih alami. Terutama untuk ikan hias air tawar yang umumnya berasal dari aliran sungai di alam. Dengan begitu, ikan akan merasa lebih aman dan bahagia karena merasa seperti di habitat aslinya. Anda juga dapat meneliti jenis ikan dan mencoba menemukan tanaman yang sesusai dengan habitatnya. Ini ide yang bagus untuk memaksimalkan kehidupan alaminya.

Meningkatkan Pertumbuhan Bakteri Menguntungkan

Dengan meletakkan tanaman air di akuarium, ini akan menyediakan banyak ruang untuk kolonisasi bakteri menguntungkan. Dilansir dari AquaGoodness, bakteri menguntungkan adalah jenis bakteri baik yang membantu mengurangi kadar amonia di akuarium. Caranya dengan menguraikan sisa metabolisme makhluk hidup menjadi zat yang bisa ditolerir oleh ikan ataupun tanaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News