Bugar

5 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Jika Dilakukan Rutin

5 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Jika Dilakukan Rutin

MOMSMONEY.ID - Banyak manfaat sit up untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan tentunya jika olahraga ini Anda lakukan secara rutin. 

sit up selama ini dikenal sebagai olahraga yang dapat mengecilkan perut. Selain mengecilkan perut, Anda bisa mendapatkan manfaat rutin lain dari melakukan sit up

Menguatkan otot perut, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan performa atletik adalah manfaat dari melakukan sit up secara rutin. 

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa manfaat sit up untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan, antara lain:  

Baca Juga: Ingin Mengecilkan Perut? Coba 5 Olahraga Ini, Bisa Dilakukan di Rumah Loh!

1. Memperbaiki keseimbangan tubuh

Manfaat sit up untuk kesehatan yang pertama adalah memperbaiki keseimbangan tubuh tentunya jika dilakukan secara rutin.

Sit up melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot panggul, pinggul, dan punggung bawah, sehingga memberikan efek dalam memperbaiki keseimbangan tubuh.

2. Memperindah bentuk perut

Manfaat sit up untuk kesehatan yang kedua adalah memperindah bentuk perut. Sit up juga dapat dilakukan sebagai latihan otot-otot inti tubuh (core muscles).

Namun, untuk memaksimalkan manfaat sit up yang satu ini, Anda juga perlu melakukan olahraga aerobik untuk mengecilkan perut serta membakar lemak perut.

3. Membakar lebih banyak kalori

Manfaat sit up untuk kesehatan yang ketiga adalah membakar lebih banyak kalori jika dilakukan dengan rutin.

Hal ini karena sit up yang dilakukan secara teratur akan membentuk sel otot, dan sel otot inilah yang akan aktif membakar kalori dibandingkan sel lemak.

Baca Juga: Sederet Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

4. Peningkatan massa otot

Manfaat sit up untuk kesehatan yang selanjutnya adalah peningkatan massa otot. Sit up dapat membangun kekuatan otot pada otot perut dan pinggul.

Perempuan yang rutin melakukan sit up bisa lebih kecil kemungkinannya mengalami sarcopenia, yaitu hilangnya otot secara alami karena penuaan.

5. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat sit up untuk kesehatan yang terakhir adalah memperbaiki postur tubuh jika dilakukan secara rutin.

Postur tubuh yang baik dapat membuat tubuh Anda tampak lebih proporsional dan mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah.

Itulah beberapa manfaat sit up untuk kesehatan yang perlu Ana ketahui. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News