Keluarga

5 Manfaat Seks untuk Kesehatan Mental, Atasi Stres hingga Kecemasan

5 Manfaat Seks untuk Kesehatan Mental, Atasi Stres hingga Kecemasan

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 manfaat seks untuk kesehatan mental yang tidak boleh Anda lewatkan.

Seks bermanfaat untuk kesehatan fisik di antaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, dan meredakan rasa sakit.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, seks juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan mental.

Simak baik-baik, inilah 5 manfaat seks untuk kesehatan mental sebagaimana dilansir dari Arcadian Counseling dan Eddins Counseling Group.

Baca Juga: Fitur Baru Kontrol Orang Tua di TikTok, Bantu Cegah Anak biar Tidak Kecanduan

1. Mengurangi stres

Selain mengirimkan pesan kesenangan dan euforia ke tubuh, neurotransmitter di otak juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan stres saat Anda berhubungan seks.

Aktivitas seksual tidak hanya membantu mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang menyebabkan stres, tetapi juga berpotensi menormalkan tekanan darah yang biasanya meningkat dalam situasi stres.

Saat tekanan darah stabil, itu akan menyeimbangkan suasana hati yang pada akhirnya mampu menciptakan perasaan tenang.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Studi menunjukkan bahwa orang dengan harga diri yang lebih tinggi memiliki kehidupan seks yang lebih menyenangkan. Jadi, jika Anda cenderung kurang percaya diri, pastikan untuk berhubungan seks dengan lebih sering ya.

Dengan terlibat dalam keintiman secara teratur, Anda akan menjadi semakin percaya diri dengan tubuh, seksualitas, maupun hubungan Anda secara keseluruhan.

Tatkala Anda membiarkan diri Anda berhubungan dengan sensualitas Anda, itu bisa menghilangkan rasa tidak aman (insecure) seperti masalah citra tubuh atau perasaan tidak mampu. Alhasil, Anda akan menjadi lebih berani dalam kehidupan cinta, sosial, dan pekerjaan.

3. Meningkatkan hormon serotonin

Kadar hormon serotonin yang rendah dapat menyebabkan Anda tidak mampu membuat atau bertindak berdasarkan rencana dan strategi.

Selain menyulitkan Anda dalam menyelesaikan tugas, serotonin yang rendah juga bisa membuat Anda menjadi mudah gelisah, sedih, atau tidak mampu mengendalikan dorongan hati.

Kabar baiknya, seks dapat meningkatkan serotonin yang membantu memperbaiki suasana hati dan melawan depresi. Selama orgasme, pelepasan serotonin akan membuat Anda merasa tenang dari stres dan kecemasan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Tips Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari

4. Meningkatkan suasana hati

Pelukan dan keintiman fisik selama berhubungan seks mampu mendorong perasaan bahagia.

Ketika Anda melakukan aktivitas seks bersama pasangan, salah satu dari banyaknya bahan kimia dalam otak bernama endorfin akan dilepaskan.

Endorfin sendiri merupakan neurotransmitter yang berkaitan dengan perasaan bahagia serta mampu meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan membantu menghilangkan depresi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Saat Anda mengalami orgasme, otak akan melepaskan oksitosin atau hormon yang mampu mendorong tidur.

Dengan rutin berhubungan seks, Anda akan terbebas dari masalah kurang tidur. Perlu Anda tahu bahwa kurang tidur dapat memperburuk gangguan kesehatan mental dan bahkan meningkatkan risiko Anda mengalami depresi atau kecemasan.

Itulah 5 manfaat seks untuk kesehatan mental yang tidak boleh Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News