Bugar

5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Yogurt untuk Mendukung Diet Sehat

5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Yogurt untuk Mendukung Diet Sehat

MOMSMONEY.ID - Yogurt memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Salah satu manfaat yogurt untuk diet yang perlu diketahui adalah mampu melancarkan pencernaan.

Yoghurt juga mengandung kalsium yang berguna untuk mengendalikan nafsu makan, menjaga kadar gula darah, dan memelihara fungsi bakteri baik di dalam usus.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi yoghurt secara rutin dapat  mencegah obesitas, menghilangkan lemak tubuh, dan mengecilkan lingkar pinggang.

Dilansir dari Mayo Clinic, berbagai manfaat yogurt untuk diet berikut ini bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya dengan tepat dan rutin.

Baca Juga: Suka Konsumsi Yogurt? Ini Waktu Terbaik Mengonsumsinya

Melancarkan pencernaan

Manfaat yogurt untuk mendukung diet yang pertama bisa melancarkan pencernaan. Hasil fermentasi susu ini kaya akan kandungan probiotik, sangat baik untuk kelancaran pencernaan.

Hal ini dapat menurunkan berat badan secara signifikan, sebab adanya masalah pada pencernaan membuat penumpukan sisa makanan di dalam perut. Sehingga, berat badan tidak menurun atau bahkan bertambah.

Menjaga keseimbangan bakteri di usus

Probiotik dapat menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat pada usus. Pencernaan yang sehat membuat penyerapan nutrisi lebih maksimal, sehingga tubuh tidak mudah lapar.

Pembakaran kalori

Yogurt juga mengandung fosfor, magnesium, serta kalium. Mineral ini mampu mengatur tekanan darah dan metabolisme dalam tubuh. Hal ini sangat baik dalam pembakaran kalori berlebih dari makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Lakukan 3 Cara Diet Alami Berikut Ini!

Mengenyangkan

Yogurt memang kerap dijadikan sarapan atau camilan karena mengenyangkan. Makanan ini mengandung protein dan lemak sehat yang membuat rasa lapar mudah teratasi. 

Dengan mengonsumsi yogurt di sore hari, keinginan tubuh untuk nyemil bisa dihindari. Maka dari itu, jika merasa lapar dan butuh sesuatu yang cepat serta menyehatkan, produk olahan susu ini bisa dipilih untuk mengganjal lapar.

Meningkatkan metabolisme

Yogurt juga termasuk makanan yang kaya akan kandungan protein. Hal ini sangat baik dalam mendukung metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori lebih baik.

Maka dari itu, seseorang yang sedang dalam program diet sangat disarankan untuk mengonsumsi yogurt.

Meski tergolong sebagai makanan sehat dan baik untuk diet, yoghurt tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bila Anda memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu.

Jika Anda memiliki kondisi tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan yoghurt untuk diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News