Santai

5 Manfaat Rutin Lakukan Kardio, Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan Saja

5 Manfaat Rutin Lakukan Kardio, Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan Saja

MOMSMONEY.ID - Tak hanya bisa bakar lemak, berikut ini beberapa manfaat kardio yang ternyata baik bagi kesehatan.

Olahraga kardio merupakan olahraga yang terkenal karena bisa membantu membakar lemak dan mempercepat program diet.

Melakukan olahraga kardio seperti lari, berenang, senam, zumba, dan bahkan menari ternyata juga disarankan para ahli untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Berikut adalah alasan dan manfaat dari rutin melakukan olahraga kardio bagi kesehatan dan kebugaran tubuh:

Baca Juga: Catat, Ini Daftar 4 Suplemen Wajib Konsumsi bagi Vegan

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Seperti namanya, olahraga kardio tentu memiliki manfaat yang berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular.

Laman Health Line menyebutkan, American Heart Association dan banyak dokter menyarankan untuk melakukan olahraga kardio agar terhindar dari risiko munculnya penyakit jantung.

Hal tersebut disebabkan karena latihan kardio bisa menguatkan kerja jantung dan membuatnya lebih aktif untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Selain bagus untuk jantung, olahraga kardio juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan melakukan latihan kardio, tubuh akan lebih mudah untuk menurunkan kadar tekanan darah.

Selain itu juga bisa membantu membersihkan arteri dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jika berniat untuk menurunkan tekanan darah, coba lakukan olahraga kardio dengan intensitas medium hingga tinggi selama 3-4 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Olahraga? Cari Tahu Manfaat dan Penjelasannya di Sini

Meningkatkan imun tubuh

Manfaat lain dari rutin melakukan olahraga kardio adalah membantu meningkatkan imun tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Pennsylvania State University, latihan kardio secara umum bisa membantu meningkatkan antibodi tubuh yang penting dalam sistem imun tubuh.

Sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan tidak rentan terserang penyakit. Serta tentu saja tidak mudah terserang stres karena kadar kortisol ikut turun.

Meningkatkan kualitas tidur

Sering mengalami insomnia dan gangguan tidur lainnya? Cobalah melakukan olahraga kardio secara rutin. Laman Greatist menyebutkan bahwa olahraga kardio bisa membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Olahraga kardio adalah salah satu jenis olahraga yang intens dan banyak menguras tenaga. Sehingga, akhirnya bisa membantu seseorang jadi mudah mengantuk dengan cara yang sehat untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah karena berolah raga.

Baik bagi otak

Tak hanya bagi tubuh dan kebugaran, olahraga kardio juga bagus bagi otak. Latihan kardio bisa membantu merawat kesehatan otak, menajamkan ingatan, dan meningkatkan performa kerja otak.

Dengan rutin melakukan olahraga kardio bisa membantu mengurangi risiko menjadi pikun yang rawan terjadi mulai usia 45 tahun.

Serta, olahraga kardio bisa membantu produksi hippocampus yang baik dan penting untuk meningkatkan sistem ingatan, belajar, berpikir, dan membuat keputusan.

Tidak hanya baik untuk mengurangi berat badan, itulah tadi beberapa manfaat rutin lakukan kardio bagi kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News