Bugar

5 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kulit yang Harus Anda Tahu!

5 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kulit yang Harus Anda Tahu!

MOMSMONEY.ID - Mungkin tidak banyak yang tahu manfaat rice bran oil atau minyak bekatul untuk kulit. Salah satu manfaat rice bran oil untuk kulit adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Di Indonesia, rice bran oil sering diolah sebagai bahan pakan ternak. Sedangkan di negara Jepang dan Korea Selatan, rice bran oil dipakai untuk produk perawatan kecantikan.

Rice bran oil terbuat dari ekstrak kulit ari padi yang kemudian mengeluarkan minyak kaya akan antioksidan dan dapat dipakai untuk merawat kesehatan kulit.

Jika Anda tertarik mengenal essential oil ini, berikut manfaat rice bran oil untuk kulit di bawah ini dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Menutrisi kulit

Manfaat pertama rice bran oil untuk kulit adalah mampu menutrisi kulit. Rice bran oil mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan sel dan mencegah kerusakan pada kulit dari sinar UV.

Rasakan manfaatnya dengan melakukan pijat wajah menggunakan rice bran oil selama 10-15 menit sebelum dibersihkan.

2. Mengontrol produksi sebum

Manfaat rice bran oil untuk kulit selanjutnya adalah mengontrol produksi sebum. Jika Anda pemilik kulit berminyak atau kombinasi berminyak, pemakaian rice bran oil bisa dimanfaatkan untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit wajah Anda.

Kandungan squalane yang ringan dan gampang meresap di kulit, bisa mengontrol produksi sebum, sehingga wajah tetap lembap tanpa membuat produksi minyak berlebih. 

Baca Juga: Inilah 5 Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Kebutuhan Rambut

3. Mengecilkan tampilan pori-pori

Berikutnya, rice bran oil juga ampuh mengecilkan tampilan pori-pori. Anda perlu tahu bahwa ukuran pori-pori tiap manusia berbeda-beda. Jika ukurannya membesar, maka dapat memicu tumbuhnya jerawat dan bikin tekstur kulit jadi kurang mulus.

Untuk mengatasinya, mulailah merawat kulit wajah Anda agar pori-pori wajah tidak membesar, salah satunya dengan menggunakan produk dengan rice bran oil. Bila diaplikasikan secara rutin, minyak tersebut akan membuat kulit lebih halus hingga pori-pori pun mengecil. 

4. Melindungi kulit dari sinar UV

Rice bran oil dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Rice bran oil mengandung ferulic acid dan allantoin yang dapat digunakan sebagai tabir surya atau sunscreen alami, sehingga kulit terhindar dari efek negatif sinar UV.

Kulit wajah dapat terhindar dari masalah paparan sinar UV, seperti flek hitam dan kerutan. 

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat rice bran oil untuk kulit lainnya adalah mencegah penuaan dini. Penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti polusi, debu, radikal bebas dan paparan sinar UV.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan skincare dengan kandungan tinggi antioksidan untuk mencegah efek buruknya. 

Kandungan tinggi antioksidan yang dimaksud, seperti squalene, tocotrienol, dan vitamin E yang ada pada rice bran oil bisa digunakan untuk membantu mengurangi flek dan kerutan halus di kulit.

Selain itu, rice bran oil juga ampuh dalam melembapkan area kulit yang gampang kering. Sehingga, bisa dipakai untuk mengurangi mata panda dan kantung mata. 

Itulah beberapa manfaat rice bran oil untuk kecantikan kulit, banyak sekali manfaat baik yang bisa dirasakan. Gunakan produk skincare yang mengandung rice bran oil di dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News