HOME, Keluarga

5 Manfaat Positif Memiliki Hewan Peliharaan bagi Anak-Anak, Apa Saja?

5 Manfaat Positif Memiliki Hewan Peliharaan bagi Anak-Anak, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Selain mainan, Anda juga dapat menghadirkan hewan peliharaan di rumah sebagai salah satu cara untuk menghibur anak-anak Anda terlebih jika Anda termasuk orang tua yang sibuk. Tidak hanya menjadikan suasana rumah menjadi semarak, memelihara hewan juga menyimpan manfaat positif yang sangat berguna bagi anak-anak lho.

Sebagai bahan pertimbangan, yuk simak 5 manfaat memelihara hewan bagi anak sebagaimana dilansir dari Very Well Family sebagai berikut!

1. Mengurangi stres

Stres tidak hanya bisa melanda orang dewasa, melainkan juga anak-anak dan remaja. Perjuangan akademis, permasalahan dalam pertemanan, atau pertengkaran keluarga amatlah mudah untuk memicu stres pada anak-anak. Untuk mengurangi stres yang anak alami, memelihara hewan menjadi salah satu solusi yang patut dicoba.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Membantu Meningkatkan Daya Ingat Anak

Memelihara hewan tidak hanya berguna untuk meningkatkan sisi penyayang anak, melainkan juga dapat menghasilkan perubahan fisiologis pada diri anak ketika mereka membelai atau bermain dengan hewan peliharaan mereka. Berinteraksi dengan hewan peliharaan terbukti mampu menurunkan hormon stres kortisol serta mampu meningkatkan pelepasan dopamin dan oksitosin yang merupakan hormon bahagia atau anti-stres. Suasana hati anak akan cenderung meningkat ketika mereka memegang atau berada di sekitar hewan peliharaan.

2.  Mengurangi kesepian

Hewan peliharaan sering kali berperan sebagai teman. Berbeda dengan manusia, hewan peliharaan tidak akan menyakiti perasaan anak atau mengabaikan mereka. Alhasil, kehadiran hewan peliharaan dapat mengurangi rasa kesepian yang anak alami terutama bagi anak-anak yang kesulitan mencari teman atau tidak dikelilingi oleh banyak anak lainnya di lingkungan mereka.

Hewan peliharaan tidak hanya akan menciptakan persahabatan, tetapi juga dapat menjadi tempat kepercayaan bagi anak-anak yang merasa tidak memiliki orang lain untuk diajak bicara. Faktanya, memang sangat umum dijumpai anak-anak kecil yang menjadikan hewan peliharaan mereka sebagai tempat untuk membicarakan sesuatu atau berbagi rahasia. Ketika anak memiliki hewan peliharaan, mereka akan merasa memiliki seseorang yang setia menemani dan selalu ada untuk mereka ajak bicara.

3. Membangun empati dan kasih sayang

Pada dasarnya, hewan peliharaan sangat bergantung pada manusia untuk merawatnya. Mereka tidak dapat membuat makanan atau mengisi ulang mangkuk air mereka sendiri. Bahkan, hewan peliharaan akan mengandalkan manusia untuk berolahraga atau mendapatkan hiburan.

Karena ketergantungannya tersebut, anak-anak pun akan terdorong untuk berempati dan menyayangi hewan peliharaan mereka dengan cara merawatnya. Dengan menghadiahi hewan peliharaan kepada anak Anda, itu artinya Anda sedang mengajarkan kepada mereka tentang pentingnya menghormati makhluk hidup lain selain manusia sekaligus menjadi cara yang bagus untuk menanamkan kecerdasan emosional pada diri anak Anda.

4. Meningkatkan keterampilan membaca

Belajar membaca bukanlah tugas yang mudah terutama bagi anak-anak yang memang enggan untuk membaca. Tak jarang, anak akan takut ketika diminta untuk latihan membaca di depan Anda atau orang dewasa lainnya. Beberapa hal seperti mengidentifikasi huruf atau mengucapkan kata-kata sering kali menjadi kekhawatiran bagi anak-anak.

Namun, ketika Anda meminta anak Anda membacakan tulisan untuk hewan peliharaan mereka, kemungkinan besar stres dan kecemasan yang mereka alami akan menghilang. Pasalnya, anak cenderung senang dan tidak menganggap kegiatan membaca seperti sebuah pekerjaan ketika itu dilakukan di hadapan hewan peliharaan. Kepercayaan diri dan keterampilan anak juga berpotensi meningkat tatkala mereka membaca untuk hewan peliharaan mereka alih-alih Anda.

5. Mengajarkan tanggung jawab

Para orang tua tentu tahu bahwa mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Membuat anak-anak terbiasa merapikan tempat tidur mereka sendiri atau rajin menyikat gigi sering menjadi tugas yang cenderung sukar bagi para orang tua. Tetapi, hewan peliharaan dapat menjadi motivator yang hebat bagi anak untuk mengajarkan tanggung jawab kepada mereka.

Hewan peliharaan akan mengingatkan anak bahwa ada kehidupan dari makhluk lain yang perlu mereka urus. Dengan memiliki hewan peliharaan, anak akan didorong untuk memenuhi kebutuhan anjing atau kucing mereka sekaligus memastikannya merasa bahagia dan damai di rumah. Anak-anak juga akan belajar bahwa memiliki hewan peliharaan merupakan tanggung jawab besar dan bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Ketika anak Anda terbiasa membersihkan kotoran, mengajak jalan-jalan, atau memberikan makan hewan peliharaan mereka sebagai bentuk tanggung jawab, maka pelajaran tentang tanggung jawab yang mereka dapatkan dari memelihara hewan tentu akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari.

Itulah 5 manfaat yang bisa anak dapatkan ketika memiliki hewan peliharaan. Dikarenakan memelihara hewan bukanlah sesuatu yang sederhana karena menyangkut nyawa dari makhluk hidup lain, pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang segala hal tentang hewan peliharaan termasuk tantangan apa saja yang sangat mungkin terjadi sebelum Anda memutuskan untuk memelihara hewan di rumah. Selain itu, sesuaikan juga hewan apa yang sekiranya cocok dengan usia anak Anda dan sekiranya Anda mampu untuk merawatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News