HOME, Keluarga

5 Manfaat Positif dari Kebiasaan Membacakan Buku Cerita kepada Anak Sebelum Tidur

5 Manfaat Positif dari Kebiasaan Membacakan Buku Cerita kepada Anak Sebelum Tidur

MOMSMONEY.ID - Banyak kegiatan yang bisa orang tua jadikan sebagai ajang untuk memperkuat bonding sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir anak. Salah satu kegiatan yang sangat patut untuk dibiasakan adalah membacakan buku cerita sebelum anak tidur.

Meski sederhana dan murah meriah, siapa sangka bahwa kebiasaan ini menyimpan beragam manfaat positif baik itu bagi anak maupun orang tua.

Sangat penting bagi perkembangan anak-anak, inilah 5 manfaat positif dari kebiasaan membacakan buku cerita kepada anak sebelum tidur sebagaimana dilansir dari Child Development Institute.

Baca Juga: Untuk Single Dad, Ini 6 Tips yang Bisa Dipraktikkan untuk Memudahkan Parenting Anak

1. Membantu anak bersiap untuk tidur

Setelah aktivitas seharian yang penuh kebisingan, menghabiskan waktu 10-15 menit untuk berdiam diri sembari mendengarkan cerita sebelum tidur dapat membuat anak Anda menjadi jauh lebih tenang.

Termasuk aktivitas yang positif, membacakan buku cerita sebelum anak tidur dapat memperlambat pikiran sekaligus merilekskan tubuh mereka dalam waktu yang sama. Sehingga, anak akan cenderung lebih siap untuk tidur. Selain bermanfaat bagi anak, membacakan cerita kepada anak juga dapat memberikan efek menenangkan kepada Anda yang sama besarnya dengan apa yang anak rasakan.

2. Membantu anak siap untuk membaca

Ketika Anda rajin membacakan buku cerita kepada anak-anak Anda, mereka akan belajar berbagai huruf dan susunan kata yang terdiri dari huruf-huruf tersebut. Dan, meskipun mereka belum tahu cara membaca, namun kebiasaan positif ini dapat menjadi permulaan yang bagus sebelum anak benar-benar siap untuk belajar membaca. Setidaknya, anak tidak akan kaget dan merasa asing ketika diminta untuk mulai belajar membaca.

Manfaat lain dari kebiasaan membacakan buku cerita kepada anak yaitu dapat membantu mereka untuk mempelajari kosakata baru dan beberapa perbedaan antara bahasa lisan dengan tulisan.

3. Membantu membangun imajinasi anak

Ketika seorang anak menonton sebuah acara televisi, keseluruhan cerita dalam tayangan tersebut akan tersaji secara langsung di hadapan mereka. Dengan kata lain, tayangan televisi hanya akan membuat anak menonton dan menerimanya tanpa harus menggunakan pikirannya.

Sebaliknya, ketika Anda membacakan buku untuknya, anak pun dituntut untuk berusaha mencerna isi sekaligus menciptakan visualisasi dari cerita itu sendiri. Melalui kebiasaan mendengarkan cerita, anak harus memiliki gambaran di kepalanya tentang apa yang terjadi di dalam cerita yang sedang mereka dengarkan. Dengan begini, otak anak akan terlatih untuk terus aktif berpikir dan imajinasi mereka akan semakin berkembang.

4. Membantu anak belajar tentang dunia mereka

Buku anak-anak terutama buku bergambar sering memperkuat peristiwa-peristiwa yang biasa terjadi di dunia anak. Intinya, buku cerita anak-anak kerap menggambarkan rutinitas harian anak dengan kemasan yang lebih menarik.

Menjadi salah satu cara belajar yang menyenangkan, sempatkanlah waktu Anda untuk mengenalkan dan mengajarkan anak Anda tentang hal-hal dasar atau hal-hal yang belum pernah mereka temui melalui buku cerita.

5. Memperkuat ikatan Anda dengan anak

Membacakan buku cerita sebelum anak tidur akan menjadi penutup hari yang manis dan damai bagi anak-anak Anda. Dengan bercerita, Anda memiliki kesempatan yang bagus untuk berinteraksi dengan mereka karena kegiatan positif ini sangat mungkin memancing rasa penasaran anak lebih dalam terhadap isi cerita dan mendorong mereka untuk aktif bertanya.

Dari sebuah buku cerita yang Anda bacakan, Anda juga berkesempatan untuk membicarakan hal-hal yang sedang anak atau bahkan Anda khawatirkan. Yang terpenting, kebiasaan membacakan buku cerita kepada anak dapat membangun hubungan emosional dan memberikan kesempatan pada anak untuk mengakhiri hari dengan kasih sayang orang tua.

Itulah 5 manfaat positif dari kebiasaan membacakan buku cerita kepada anak. Supaya suasana semakin hangat, jangan lupa untuk memberikan anak Anda sebuah kecupan atau pelukan ketika cerita sudah selesai Anda bacakan ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News