Bugar

5 Manfaat Peppermint Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

5 Manfaat Peppermint Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

MOMSMONEY.ID - Pernah mendengar peppermint oil? Peppermint oil adalah minyak essensial yang diestrak dari daun pepermin, mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Peppermint oil memiliki sifat healing dan efek menenangkan, sehingga kerap digunakan sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit. 

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan peppermint oil sebagai perawatan kecantikan sehari-hari. Melansir herworld.co.id, berikut ini ragam manfaat peppermint oil untuk kecantikan kulit dan rambut:

Kulit Glowing

1. Meredakan kulit iritasi

Sifatnya yang menenangkan membuat peppermint oil dapat meredakan kulit gatal dan iritasi. dengan kandungan sifat antiseptik dan antibakterinya, peppermint oil direkomendasikan bagi Anda yang mengalami permasalahan iritasi kulit.

Namun, jangan mengoleskan peppermint oil secara langsung ke area yang iritasi. Anda perlu mencampurkan air, 40 ml apple cider vinegar dan 30 tetes peppermint oil menjadi satu dalam mangkuk. Aduk terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke spray bottle.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Wortel untuk Kecantikan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Simpan botol dalam kulkas selama beberapa jam dan semprotkan pada kulit yang sedang gatal atau teriritasi. Spray dari peppermint oil bisa jadikan toner atau facial mist untuk digunakan sehari-hari.

2. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat peppermint oil selanjutnya dapat mengatasi masalah jerawat. Karena sifat antimikrobanya, peppermint oil mampu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Peppermint oil akan menyeimbangkan produksi sebum, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori dan jerawat. Selain itu, peppermint oil juga membantu membentuk skin barrier pada kulit. 

3. Mengatasi masalah kulit berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, peppermint oil dapat mengatasi permasalahan kulit berminyak. Anda dapat menggunakan masker yang mengandung peppermint oil.

Campurkan parutan timun dan green clay, lalu tambahkan lima tetes peppermint oil dan aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, ulangi perawatan masker ini dua kali seminggu.

4. Menghilangkan masalah ketombe

Selain kulit, peppermint oil memiliki manfaat yang bagus untuk rambut seperti menghilangka ketombe. Peppermint oil mempunyai sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang mampu membantu mengatasi kekeringan dan gatal pada kulit kepala.

Anda dapat membuat masker rambut dengan peppermint oil. Hanya dengan menyiapkan wadah dan tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, hangatkan dan biarkan dingin beberapa menit.

Kemudian, tambahkan 20 tetes peppermint oil, 10 tetes tea tree oil dan satu sendok teh minyak vitamin E. Aduk dan pindahkan ke botol sebelum dioleskan ke kulit kepala secara menyeluruh dan biarkan selama beberapa jam sebelum mencuci rambut hingga bersih.

5. Melebatkan pertumbuhan rambut

Manfaat peppermint oil untuk kecantikan lainnya adalah dapat melebatkan pertumbuhan rambut. Anda dapat melakukan pijatan di kulit kepala, peppermint oil mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut, sehingga mendorong pertumbuhan rambut dan membersihkan kulit kepala.

Caranya cukup mudah yaitu campurkan empat sendok teh minyak kelapa dengan 5-10 tetes peppermint oil dalam wadah yang sudah disediakan.

Pijat secara merata ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama dua hingga tiga jam sebelum mencucinya hingga bersih. Atau Anda juga dapat meninggalkannya semalaman dan mencuci rambut di pagi hari dengan shampo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News