HOME, Keluarga

5 Manfaat Pelukan bagi Tumbuh Kembang Anak, Bisa Meningkatkan Kecerdasan

5 Manfaat Pelukan bagi Tumbuh Kembang Anak, Bisa Meningkatkan Kecerdasan

MOMSMONEY.ID - Pelukan tidak hanya bermanfaat untuk hubungan romantis, tetapi juga menyimpan beragam manfaat positif bagi anak-anak.

Selain mampu memberikan perasaan hangat dan nyaman kepada anak, pelukan juga memiliki peran penting dalam perkembangan emosional, kognitif, dan fisik anak Anda loh, Moms.

Selengkapnya, berikut lima manfaat pelukan bagi tumbuh kembang anak sebagaimana dilansir dari Exchange Family Center.

Baca Juga: 5 Jenis Tangisan Bayi yang Perlu Orang Tua Pahami

1. Mendukung anak untuk menjadi lebih cerdas

Anak-anak membutuhkan banyak stimulasi sensorik saat otak mereka tumbuh dan berkembang. Studi yang mengamati bayi yang jarang digendong di panti asuhan mengungkapkan bahwa bayi-bayi tersebut cenderung memiliki gangguan kognitif yang parah.

Di sisi lain, bayi yang rutin diberikan pelukan setidaknya 20 menit per hari selama 10 minggu, mereka mendapatkan skor yang lebih tinggi dalam penilaian perkembangan otak.

Merupakan metode awal untuk belajar menavigasi dunia, pelukan dapat mendukung anak untuk memiliki otak yang lebih cerdas dan berkembang, menurut penelitian.

2. Menjaga kesehatan anak

Untuk berkembang, anak-anak tidak hanya membutuhkan nutrisi yang lebih dari cukup, tetapi juga kontak fisik seperti pelukan. Ketika anak kehilangan kontak fisik, tubuh mereka akan gagal memenuhi tonggak pertumbuhan yang diharapkan. Akibatnya, itu dapat berkontribusi pada sebuah kondisi yang disebut dengan “kegagalan untuk berkembang”.

Sebaliknya, saat Anda rajin memberikan pelukan kepada anak, mereka dapat berubah dari tidak sehat menjadi sehat dengan sangat cepat.

Pelukan memicu pelepasan oksitosin atau hormon yang terkait dengan kepercayaan, keamanan, dan cinta. Tatkala hormon ini dilepaskan, hormon pertumbuhan tertentu dalam tubuh pun akan ikut terangsang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelepasan hormon oksitosin dari pelukan yang Anda berikan kepada anak akan membantu perkembangan fisik mereka sedari usia muda.

3. Menghentikan tantrum

Pelukan tidak hanya baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan fisik anak, tetapi juga mampu mendukung perkembangan emosional mereka. Percayalah bahwa tidak ada cara yang lebih cepat untuk menenangkan tangisan seorang anak daripada pelukan hangat yang Anda berikan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memeluk anak Anda saat mereka mengalami tantrum ya, Moms.

Dengan memeluk anak yang sedang mengalami ledakan emosi yang intens, Anda akan sekaligus mengajarkan kepada anak bahwa Anda selalu ada untuk mendukung mereka selama masa-masa sulit dan bersedia membantu mereka menghindari kehancuran emosional.

4. Membantu anak menjadi lebih tangguh

Saat anak tertekan dan stres, adrenalin dan kortisol pun akan dilepaskan ke dalam tubuh dan otak mereka. Nah, dikarenakan anak belum belajar bagaimana cara mengatur emosi mereka dengan baik layaknya orang dewasa, maka bukan mustahil jika stres dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh anak. Tatkala situasi semacam ini terjadi, hormon stres dalam tubuh anak pun dapat berdampak pada kesehatan mereka baik secara mental maupun fisik.

Studi menunjukkan bahwa paparan hormon stres tingkat tinggi dapat menyebabkan konsekuensi negatif di masa dewasa misalnya meningkatkan risiko penyakit fisik serta depresi dan kondisi buruk lainnya.

Sebagai solusinya, berikanlah anak Anda pelukan secara berkala. Dengan begini, hormon oksitosin akan terlepas, kadar hormon stres akan menurun, dan anak pun akan terbantu dalam mengembangkan ketahanannya.

5. Menguatkan ikatan orang tua-anak

Selain manfaat ilmiah, kebiasaan memeluk anak juga dapat menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara Anda dan anak. Pelukan mampu meningkatkan kepercayaan, mengurangi rasa takut, dan memperkuat hubungan orang tua-anak.

Sejak pertama kali menggendong anak, Anda sudah membentuk ikatan khusus. Apabila ikatan khusus ini terus dipelihara sepanjang masa kanak-kanak hingga anak beranjak dewasa, ikatan tersebut akan semakin berkembang dan mendorong anak untuk menjadi sosok yang dipenuhi kasih sayang bukan hanya terhadap Anda sebagai orang tua melainkan juga orang-orang di sekitarnya.

Moms, itulah 5 manfaat pelukan bagi tumbuh kembang anak. Kendati pelukan sangat disarankan, namun Anda juga perlu mengingatkan anak terkait pentingnya otonomi tubuh dengan cara mengajarkan mereka bagaimana menolak pelukan dengan sopan jikalau mereka sedang enggan untuk dipeluk. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News