Bugar

5 Manfaat Omega 6 untuk Kulit yang Harus Anda Tahu!

5 Manfaat Omega 6 untuk Kulit yang Harus Anda Tahu!

MOMSMONEY.ID - Memiliki peran penting, inilah manfaat omega 6 untuk kulit. Melansir dari realfood.co.id, omega 6 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan tubuh sebagai komponen sel dan produksi energi. 

Mendapatkan omega 6 bisa dari makan yang Anda konsumsi, seperti Minyak kanola (79 gram), Biji labu (20 gram), Minyak kenari (53 gram), Biji bunga matahari (34 gram), Minyak kedelai (50 gram), Biji wijen (20 gram), Minyak safflower (75 gram) dan Daging sapi (300 milligram). 

Menurut angka kecukupan gizi Indonesia, batas maksimal mengkonsumsi omega 6 pada pria usia 19 – 49 tahun adalah 16 gram per hari. Sedangkan untuk wanita usia 19 – 49 tahun, jumlah maksimal yang disarankan adalah 12 gram per hari.

Biji-bijian dan ekstrak minyak cukup mendominasi kandungan omega 6. Sehingga sering dijadikan sebagai bahan produk perawatan tubuh. 

Jika Anda tertarik lebih jauh, berikut lima manfaat omega 6 untuk kulit dilansir dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Pertama, manfaat omega 6 untuk kulit adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan bisa berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan kulit.

Jika Anda terkena paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan penuaan kulit.

Namun, kandungan omega 6 dapat menguatkan skin barrier sebagai pelindung utama dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi.

Selain itu, omega 6 juga berfungsi untuk mencegah peradangan kulit yang terjadi karena paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Baca Juga: Promo Traveloka Xperience 14-23 Feb 2023, Nikmati Diskon Playground hingga 50%

2. Mencegah Kulit Kering dan Iritasi

Manfaat omega 6 selanjutnya adalah mencegah kulit kering dan iritasi. Masalah kulit kering dan iritasi yang dibiarkan akan semakin memperburuk kondisi kulit, seperti psoriasis ataupun dermatitis atopik.

Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega 6. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk skin care yang memiliki kandungan omega 6 di dalamnya.

Hal ini karena omega 6 dapat memberikan efek melembabkan pada kulit secara alami. Selain itu, omega 6 juga dapat mengurangi sensitivitas kulit dan menjaga kulit agar kelembapannya senantiasa terjaga.

3. Menyamaratakan Warna Kulit

Kemudian, omega 6 dapat menyamaratakan warna kulit karena dapat merangsang pergantian sel. Sehingga, sel-sel baru yang sehat muncul permukaan kulit untuk menggantikan yang kusam dan mati. Dengan proses ini, maka kulit menjadi lebih cerah, melembutkan tekstur kulit, dan menyamaratakan warna kulit.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Traveloka Rental Mobil dengan Diskon Hemat hingga 15%

4. Mencegah dan Mengurangi Jerawat

Manfaat omega 6 berikutnya adalah mencegah dan mengurangi jerawat. Jika Anda selalu memiliki permasalahan jerawat yang membandel, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 6.

Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 6 dapat mengurangi risiko breakout pada kulit wajah.

5. Mengurangi Efek Penuaan Dini 

Manfaat omega 6 untuk kulit lainnya adalah mengurangi efek penuaan dini. Munculnya kerutan, garis halus, ataupun noda hitam pada kulit wajah tentu saja menakutkan.

Hal ini karena gejala penuaan dini tersebut dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak segar. Namun, tenang saja karena omega 6 dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit sehingga Anda terlihat awet muda.

Nah, itulah beberapa manfaat omega 6 untuk kulit yang harus Anda tahu. Dapatkan omega 6 dari makanan sehat dan produk perawatan tubuh Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News