Bugar

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Menjaga Gula Darah hingga Kesehatan Jantung

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Menjaga Gula Darah hingga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Minyak kelapa diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. 

Proses ekstrak minyak kelapa tersebut bertujuan agar kandungan alami, seperti senyawa phenolic tidak hilang atau rusak, dikutip dari Healthline.

Kandungan senyawa minyak kelapa, seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat dapat mendukung pertumbuhan probiotik di dalam pencernaan yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat. 

Minyak kelapa juga merupakan salah satu sumber makanan yang dapat dikategorikan sebagai superfood berkat kekayaan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Baik untuk Penderita Penyakit Liver jika Rutin Dikonsumsi

Selain itu, Anda bisa merasakan beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini: 

Mengurangi kadar lemak jahat

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa mengurangi kadar leemak jahat dalam tubuh. Efek ini dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa bisa meningkatkan kadar lemak baik.

Memerangi peradangan

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah memerangi peradangan. Minyak kelapa ini diperkaya oleh antioksidan penangkal radikal bebas.

Kandungan antioksidan tinggi dalam minyak kelapa berperan sebagai antiinflamasi untuk memerangi gejala infeksi dan peradangan dalam tubuh.

Menstabilkan gula darah

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya dalah menstabilkan gula datah dalam tubuh. 

Menu makan yang diperkaya dengan kandungan MCT (65%-nya dari minyak kelapa) telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak tubuh. 

MCT juga dilaporkan bisa memelihara resistensi insulin, setelah dibuktikan lewat percobaan lab, minyak kelapa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.  

Baca Juga: Anda Mengalami Ambeien? Sembuhkan dengan Sederet Obat Alami Ini

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol.

Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak. Dengan demikian, risiko penyakit jantung akan menurun. 

Memelihara kesehatan rambut dan kulit

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang terkahir dan sudah tidak diragukan lagi yaitu baik untuk kesehatan rambut dan kulit. 

Banyak orang yang menggunakan minyak kelapa untuk tujuan kosmetik, guna meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dan rambut. 

Penelitian menunjukkan minyak kelapa efektif digunakan pelembab kulit, terutama untuk orang yang kulitnya kering, dengan meningkatkan kelembaban dan kadar lemak pada kulit.  

Namun, jika saat anda mengonsumsi atau menggunakannya muncul alergi atau hal lainnya yang tidak wajar, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News