Bugar

5 Manfaat Minyak Jarak, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Membandel

5 Manfaat Minyak Jarak, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Membandel

MOMSMONEY.ID - Minyak jarak merupakan bahan yang umum digunakan dalam produk kecantikan. Selain itu, manfaat lainnya yaitu sebagai obat pencahar alami, mengatasi peradangan, dan menyembuhkan luka.

Dalam minyak ini terkandung asam lemak esensial yang melembapkan kulit. Minyak jarak juga telah lama digunakan untuk membantu persalinan.

Melihat banyaknya manfaat potensial dari minyak jarak, berikut manfaat lain minyak jarak yang perlu diketahui dilansir dari Mayo Clinic, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Sederet Manfaat Mengonsumsi Ikan Mujair

Mengatasi jerawat

Manfaat lain minyak jarak yang pertama adalah mengatasi jerawat. Minyak jarak mengandung asam risinoleat, senyawa kimia yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan minyak jarak dianggap mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan peradangan, sehingga jerawat pun bisa diatasi.

Sebagai obat pencahar alami

Manfaat lain minyak jarak yang kedua adalah sebagai obat pencahar karena bisa merangsang pencernaan dan menghilangkan sembelit sementara.

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa efek ini disebabkan oleh kadar asam risinoleat minyak yang tinggi, serta asam lemak omega-9 yang bertindak sebagai pencahar alami.

Melembapkan kulit

Manfaat lain minyak jarak selanjutnya bisa melembapkan kulit karena mengandung asam risinoleat. Sebab, asam risinoleat dapat mencegah hilangnya air dari bagian terluar kulit.

Karena teksturnya yang kental, Anda disarankan untuk mencampurkan minyak jarak dengan minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa.

Ingat, walaupun mengoleskan minyak jarak ke kulit dianggap aman, beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi.

Baca Juga: Wow, Ternyata Kulit Singkong Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Wajah. Cari Tahu Yuk!

Mengatasi peradangan

Manfaat lain minyak jarak yang keempat adalah mengatasi peradangan. Kandungan asam risinoleatnya bisa mengurangi pembengkakan, dan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika dioleskan ke kulit, minyak jarak dapat mengurangi gejala radang sendi. Namun, mengenai manfaat ini, diperlukan lebih banyak penelitian pendukung.

Menyembuhkan luka

Manfaat lain minyak jarak yang terkahir bisa menyembuhkan luka. Saat dioleskan ke bagian kulit yang luka, minyak jarak bisa membantu proses penyembuhannya.

Selain itu, minyak jarak merangsang pertumbuhan jaringan yang bisa mencegah infeksi. Tidak hanya itu, minyak jarak ampuh menghambat pertumbuhan sel kulit mati.

Minyak jarak tidak boleh dijadikan sebagai pengobatan utama dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh pengobatan medis harus tetap dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News