HOME, Bugar

5 Manfaat Minyak Alpukat Bagi Kesehatan Rambut, Cantik dan Berkilau

5 Manfaat Minyak Alpukat Bagi Kesehatan Rambut, Cantik dan Berkilau

MOMSMONEY.ID - Selain minyak kelapa dan minyak zaitun, mendapatkan rambut cantik dan berkilau bisa dari bahan alami lain seperti minyak alpukat. Selagi masih PPKM, kesempatan bagi anda melakukan perawatan rambut mandiri di rumah dengan minyak alpukat, moms.

Minyak alpukat jugat bisa menjadi alternatif perawatan kesehatan rambut selain pergi ke salon. Minyak alpukat memiliki kandungan vitamin E, fatty acid dan antikoksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Agar lebih jelasnya, simak penjelasan 5 manfaat minyak alpukat bagi kesehatan rambut dilansir dari herworld.co.id, yaitu:

1. Meningkatkan produksi kolagen di kulit kepala

Manfaat yang pertama yaitu minyak alpukat dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit kepala. Produksi kolagen yang cukup bisa melindungi kulit kepala tetap sehat. Minyak alpukat juga dapat menghambat enzim lisil oksidase yang memecah kolagen. Dengan begitu, kulit kepala menjadi sehat dan terawat dengan baik. 

2. Mengatasi peradangan kulit kepala dan ketombe

Selanjutnya, minyak alpukat bisa mengatasi peradangan kulit kepala dan ketombe. Kulit kepala yang mengalami peradangan bisa saja dipicu oleh penumpukan produk perawatan atau penataan, stres, ketombe, bahkan penataan rambut yang terlalu kencang atau ketat. Saat kulit kepala meradang, rambut anda bisa mengalami kerontokan yang cukup parah.

Nutrisi alami dari minyak alpukat bisa membantu meredakan peradangan di kulit kepala bahkan mengurangi ketombe ringan. Antioksidan dan asam linoleat yang tinggi membantu membentuk lapisan pelindung kulit yang lebih baik, menghidrasi kulit kepala, dan menjaga keseimbangannya.

Baca Juga: Salah Satu Manfaat Markisa : Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Alpukat

3. Melembapkan batang rambut

Minyak alpukat dapat melembapkan batang rambut. Pada dasarnya, minyak memiliki sifat oklusif karena dapat membungkus batang rambut dan mengunci kelembapan di dalamnya. Sehingga, air tidak mudah untuk menguap dan membuat rambut menjadi kering.

Menggunakan minyak alpukat setelah keramas dan mengombinasikannya dengan produk perawatan anda bisa dijadikan cara untuk menjaga kelembapan batang rambut, apalagi jika anda memiliki tekstur rambut keriting yang cenderung kering.

4. Menjaga rambut dengan antioksidan

Manfat minyak alpukat selanjutnya yaitu menjaga rambut dengan kandungan antioksidan.  Antioksidan mampu membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas, mengelola stres oksidatif, dan lain-lain. 

Selain kulit, rambut juga membutuhkan asupan antioksidan agar perlindungannya semakin maksimal. Sumber antioksidan yang baik salah satunya adalah vitamin E, yang banyak ditemukan di dalam Alpukat.

5. Menyehatkan rambut dengan fatty acids

Manfaat minyak alpukat lainnya yaitu menyehatkan rambut dengan fatty acids. Minyak alpukat memiliki sifat emolien berkat tingginya kandungan asam lemak atau fatty acids di dalamnnya.

Fatty acids sendiri menjadikan minyak alpukat sebagai minyak yang dapat menembus lapisan batang rambut dan melembapkannya. Selain itu, fatty acids juga bisa membantu memperkuat batang rambut dan mencegah kerusakan akibat berbagai faktor.

Selanjutnya: Resep dan Cara Membuat Bedak Lotong Khas Suku Bugis untuk Mengatasi Masalah Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News