Keluarga

5 Manfaat Minum Air Putih untuk Program Diet, Bisa Tekan Nafsu Makan

5 Manfaat Minum Air Putih untuk Program Diet, Bisa Tekan Nafsu Makan

MOMSMONEY.ID - 5 manfaat minum air putih untuk program diet yang perlu diketahui para pejuang diet. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih bermanfaat untuk program diet.

Pada dasarnya, minum air putih merupakan salah satu cara termudah untuk menghidrasi tubuh. Hidrasi adalah kunci untuk banyak faktor yang berperan dalam penurunan berat badan termasuk pencernaan dan fungsi otot.

Lalu, apa sajakah manfaat minum air putih untuk program diet? Melansir Medical News Today, berikut penjelasannya.

1. Menekan nafsu makan

Ketika perut merasa kenyang, ia akan mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan. Di sisi lain, air akan mengambil ruang di perut dan menyebabkan perasaan kenyang sekaligus mengurangi rasa lapar.

Oleh sebab itu, jangan buru-buru makan saat merasa lapar karena bisa jadi Anda bukan sedang kelaparan melainkan haus. Sebaiknya, minumlah segelas air terlebih dahulu guna membantu mencegah keinginan untuk makan camilan yang tidak perlu.

Dalam sebuah studi pada 2014, ditemukan bahwa peserta wanita yang kelebihan berat badan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh setelah minum 500 ml air selama 8 minggu berturut-turut setiap 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.

Bahkan, studi serupa dari tahun sebelumnya pun menunjukkan hasil yang kurang lebih sama.

Baca Juga: Bertemu Kembali di Perempat Final Piala Dunia 2022, Begini Kroasia vs Brasil di 2014

2. Meningkatkan pembakaran kalori

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dapat membantu membakar kalori. Dalam sebuah studi pada tahun 2014, 12 orang yang minum 500ml air dingin dan suhu kamar mengalami peningkatan pengeluaran energi dengan membakar 2%-3% lebih banyak kalori dari biasanya dalam waktu 90 menit setelah minum air.

Tak sampai di situ, air juga dapat meningkatkan pengeluaran energi istirahat tubuh untuk sementara atau jumlah kalori yang terbakar saat istirahat.

Saat Anda minum air dingin, itu dapat meningkatkan manfaat pembakaran kalori air. Ini karena tubuh mengeluarkan energi atau kalori dengan memanaskan air untuk pencernaan.

3. Membantu membuang limbah dari dalam tubuh

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat membuang limbah seperti urin atau feses dengan benar. Faktanya, air memiliki kemampuan untuk membantu ginjal menyaring racun dan limbah sementara organ mempertahankan nutrisi penting dan elektrolit. Jadi, apabila tubuh mengalami dehidrasi, ginjal pun akan menahan cairan.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan tinja menjadi keras atau kental. Untuk melunakkan atau melonggarkan tinja yang mengeras, maka Anda perlu minum air dengan cukup.

Jika membiarkan tubuh Anda kekurangan cairan dalam waktu yang lama, limbah dalam tubuh akan menumpuk dan rentan menyebabkan kembung, bengkak, serta lelah. Adapun kembung akibat penumpukan limbah dalam tubuh bisa melebar beberapa inci ke area pinggang.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Letakkan di Dalam Ruangan

4. Mengurangi asupan kalori cair secara keseluruhan

Air merupakan alternatif minuman berenergi atau jus yang bebas kalori. Dengan mengganti minuman berkalori tinggi setiap hari dengan air atau minuman tanpa kalori seperti teh herbal, itu memungkinkan Anda untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Studi pada tahun 2012 menemukan bahwa mengganti dua atau lebih minuman berkalori tinggi dengan minuman non-kalori setiap hari selama 6 bulan akan menghasilkan penurunan berat badan rata-rata antara 2%-2,5% pada kelompok wanita obesitas.

5. Membakar lemak

Tanpa air, tubuh tidak dapat memetabolisme lemak atau karbohidrat yang tersimpan dengan baik.

Disebut sebagai lipolisis, proses metabolisme lemak diawali dengan hidrolisis yang terjadi ketika molekul air berinteraksi dengan trigliserida (lemak) untuk membuat gliserol dan asam lemak.

Sebuah tinjauan mini di tahun 2016 menemukan bahwa peningkatan asupan air menyebabkan peningkatan lipolisis dan hilangnya lemak dalam penelitian pada hewan.

Itulah 5 manfaat minum air putih untuk program diet. Beberapa orang membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit air tergantung pada berbagai faktor termasuk tingkat aktivitas, usia, ukuran badan, suhu, kelembaban, paparan sinar matahari, dan status kesehatan.

Adapun berikut rekomendasi asupan air harian dari National Academy of Medicine (NAM) di Amerika Serikat adalah 2.700ml perhari untuk wanita dewasa dan 3.700 ml perhari untuk pria dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News