Bugar

5 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Mangga bisa dinikmati dengan berbagai cara, salah satunya dibuat jus. Mengonsumsi jus mangga secara rutin mampu mendatangkan khasiat kesehatan.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi mangga, baik dalam bentuk buah segar atau pun jus mangga, teruskan kebiasaan tersebut. 

Tidak hanya enak, ada banyak manfaat jus mangga bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Batu Empedu, Salah Satunya Sering Nyeri Bahu Sebelah Kanan

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat jus mangga yang bisa Anda dapat jika rutin mengonsumsinya, antara lain: 

Mendukung kesehatan mata

Mangga mengandung dua nutrisi penting untuk mata, yaitu lutein dan zeaxanthin. Keduanya terkonsentrasi di bagian pusat retina mata yang disebut makula.

Nutrisi tersebut bertindak sebagai tabir surya alami. Mereka bekerja dengan menyerap cahaya berlebih dari matahari dan melindungi mata dari cahaya biru yang berasal dari elektronik.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat jus mangga selanjutnya bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit penyebab kematian paling banyak di Indonesia.

Seseorang berisiko tinggi terkena penyakit ini jika memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol berlebihan, sering mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan garam, merokok, serta jarang berolahraga.

Mencegah efek buruk radikal bebas

Radikal bebas adalah zat sisa metabolisme yang terbentuk secara alami di dalam tubuh. Namun, jumlah radikal bebas bisa meningkat, apabila tubuh sering terpapar sinar ultraviolet, zat beracun, polusi, termasuk asap rokok atau kendaraan.

Radikal bebas juga bisa meningkat ketika Anda sering stres atau sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti gorengan atau junkfood.

Baca Juga: 5 Manfaat Toge untuk Tubuh, Selain untuk Mengingkatkan Kesuburan Pria

Menjaga daya tahan tubuh

Antioksidan, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta vitamin E dan vitamin K merupakan nutrisi yang berperan penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

Nutrisi-nutrisi yang terdapat pada jus mangga dan makanan sehat lainnya ini membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

Mencegah diabetes

Malahan, hampir sebagian besar studi mengungkap kalau sering mengonsumsi buah-buahan mampu menurunkan risiko diabetes.

Perlu digarisbawahi, manfaat tersebut berlaku pada jus mangga yang tidak ditambahi gula.

Kendati tidak terbukti memicu diabetes, mangga berpotensi memicu lonjakan gula darah dalam satu waktu. Efek ini hanya bisa terjadi ketika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Oleh karena itu, konsumsi mangga dalam jumlah sedang saja. Sandingkan dengan makanan lain yang kaya serat dan protein untuk mencegah kondisi di atas. 

Jika Anda ingin mengonsumsi jus mangga, namun menderita diabetes, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menentukan seberapa banyak porsi jus mangga yang boleh dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News