HOME, Keluarga

5 Manfaat Mengonsumsi Chia Seed bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Mengonsumsi Chia Seed bagi Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin sering mendengar tentang chia seed atau biji chia (Salvia hispanica). Biji tanaman yang berasal dari keluarga mint ini kerap dimanfaatkan sebagai obat dan bahan makanan manusia.

Rekomendasi untuk mengonsumsinya mungkin masih membuat Anda ragu, mengingat ukuran chia seed yang sangat kecil dan tampak tidak berpengaruh apa pun dalam tubuh. Tapi ternyata, chia seed sangat kaya nutrisi.

Baca Juga: Pijat Payudara, Apa Manfaatnya? Simak Penjelasannya di Sini!

Kandungan Nutrisi dalam Chia Seed

Chia seed mengandung sumber vitamin, mineral, dan antioksidan kuat yang sangat baik. Beberapa antioksidan tersebut antara lain:

  • Asam caffeic.
  • Asam klorogenat.
  • Kaempferol.
  • Kuersetin.

Sementara mineral yang terkandung antara lain:

  • Kalsium.
  • Mangan.
  • Magnesium.
  • Selenium.
  • Tembaga.
  • Zat besi.
  • Fosfor.

Biji chia juga merupakan sumber asam alfa-linoleat (ALA) yang luar biasa, asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan rasio lemak omega-6, hingga omega-3 yang lebih redah. Chia seed juga tidak mengandung gula.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Selain kandungannya yang kaya akan nutrisi, chia seed juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Webmd, berikut 5 manfaatnya:

Tinggi Serat

Chia seed juga mengandung serat yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah, mengurangi risiko sindrom metabolik, serta diabetes tipe 2. Dalam 2 ½ sendok makan chia seed, menyediakan 10 gram dari serat. Rekomendasi harian untuk orang dewasa adalah 25-30 g, jadi satu porsi chia seed dapat memenuhi sekitar 30% serat.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami, Harus Coba!

Mengurangi Radikan Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel tubuh. Antioksidan yang ditemukan dalam biji chia dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda telah membantu tubuh mencegah masalah kesehatan yang dikembangkan karena radikal bebas.

Membuat Jantung Lebih Sehat

Chia seed mengandung kuersetin, yakni antioksidan yang dapat mengurangi risiko terkena beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Bijinya yang tinggi serat juga akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi penyebab risiko penyakit jantung.

Kesehatan Tulang Lebih Baik

Chia seed mengandung beberapa mineral yang penting untuk kesehatan tulang, seperti magnesium dan fosfor. Dalam 28 gram biji mengandung 18% dari kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan. Ini penting untuk kesehatan tulang, otot, dan fungsi saraf. Bahkan, chia seed memiliki lebih banyak kalsium dibadingkan produk susu.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat yang terkandung di dalam chia seed tidak hanya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi , tetapi juga dapat mengatasi masalah pencernaan dan membuat merasa kenyang lebih lama.

Ini karena serat larut dalam bijinya menyerap air, menyebabkan mengembang di perut Anda dan meningkatkan rasa kenyang saat Anda memakannya. Dengan membuat Anda merasa lebih kenyang, chia seed dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News