Keluarga

5 Manfaat Mengajak Anak Berkebun, Bisa Mendorong Kebiasaan Makan Sehat

5 Manfaat Mengajak Anak Berkebun, Bisa Mendorong Kebiasaan Makan Sehat

MOMSMONEY.ID - Inilah manfaat mengajak anak berkebun yang perlu orang tua pahami.

Di era serba gadget seperti saat ini, kegiatan-kegiatan yang mengandalkan fisik seperti berkebun mulai sedikit demi sedikit ditinggalkan. Padahal, berkebun menawarkan beragam manfaat positif yang tidak akan didapatkan dari penggunaan gadget.

Bagi anak-anak, berkebun akan memberikan kesempatan yang besar kepada mereka untuk belajar berbagai keterampilan penting yang juga bermanfaat untuk bidang kehidupan lainnya.

Berikut MomsMoney bagikan 5 manfaat mengajak anak berkebun, sebagaimana dilansir dari Lifelong Learning Centres.

1. Membantu eksplorasi sensorik anak

Berkebun dapat meningkatkan semua indera anak-anak. Saat berkebun, anak akan merasakan sensasi kotor, bunga, buah, daun, dan biji.

Anak juga akan melihat beragam ukuran sekaligus warna tanaman yang cerah, mendengar suara gemerisik daun dan buah atau sayuran yang dipetik, serta mencium aroma bunga, buah, dan rempah segar.

Yang tak kalah penting, berkebun dapat membantu anak-anak untuk lebih memahami proses dan dari mana makanan mereka berasal.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Mengatasi Kemarahan dengan Sehat, Hindari Pengabaian!

2. Mengajarkan anak tentang tanggung jawab

Melakukan proyek berkebun dapat mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak.

Dengan berkebun, anak akan belajar bahwa tugas mereka adalah merawat benih dan tanaman setiap hari agar tanaman tersebut tetap sehat.

Supaya anak dapat memahami dengan lebih baik tentang peran mereka dalam merawat tanaman, Anda dapat membuat jadwal dan daftar kegiatan apa saja yang harus mereka lakukan.

3. Mengembangkan keterampilan motorik anak

Berkebun mengharuskan anak untuk berlatih dan mengasah keterampilan motorik halus mereka.

Saat berkebun, anak akan menanam benih, menyendok tanah, dan menyiram tanaman.

Adapun semua kegiatan itu bermanfaat untuk membantu meningkatkan keterampilan motorik anak yang pada gilirannya akan meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar mereka.

Baca Juga: Tanda-Tanda Anak Balita Sedang Stres, Salah Satunya Kesulitan untuk Tidur

4. Mendorong kebiasaan makan sehat

Mengupayakan anak untuk makan sayur dan buah sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Apakah Anda juga mengalaminya, Moms?

Sebagai solusinya, cobalah untuk mengajak anak Anda berkebun mulai dari sekarang. Ketika anak berkebun, mereka akan terlibat dalam setiap proses menanam dan merawat tanaman.

Dengan demikian, anak akan merasa memiliki dan bangga atas pencapainnya sekaligus termotivasi untuk menikmati hasil kebunnya sendiri.

5. Mengenalkan konsep dasar sains dan matematika kepada anak

Ada begitu banyak bagian dari kegiatan berkebun yang mampu mengenalkan kepada anak tentang konsep dasar sains dan matematika.

Konsep matematika dapat anak pelajari melalui aktivitas menghitung biji, mengukur kedalaman tanah, dan menghitung kelopak atau daun.

Sedangkan konsep sains dapat mencakup proses perkecambahan serta pemahaman tentang bagaimana tanaman membutuhkan sinar matahari dan air untuk pertumbuhannya.

Itulah 5 manfaat mengajak anak berkebun. Sebagai tambahan, proses berkebun juga akan mengajarkan anak-anak Anda tentang pentingnya bersabar. Jadi, yuk mulai berkebun!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News