Bugar

5 Manfaat Masker Chamomile untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu!

5 Manfaat Masker Chamomile untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu!

MOMSMONEY.ID - Jarang orang tahu, inilah beberapa manfaat masker chamomile untuk kulit wajah. Masker chamomile adalah masker yang mengandung ekstrak bunga chamomile. Kandungan di dalam chamomile sudah dimanfaatkan dari zaman Yunani kuno untuk merawat kulit. 

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat masker chamomile untuk kulit wajah dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Mengatasi Peradangan Pada Kulit

Pertama, manfaat masker chamomile untuk kulit adalah membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan pada kulit ini akibat dari sengatan matahari dan ruam.

Melansir dari Healthline, chamomile mengandung antioksidan apigenin yang membantu menekan peradangan dengan menghambat pelepasan zat penyebab peradangan. 

2. Mengurangi Kemerahan Pada Kulit

Manfaat masker chamomile untuk kulit selanjutnya adalah mengurangi kemerahan pada kulit. Sejak zaman Yunani kuno ada ritual perawatan kulit dimana mengoleskan chamomile yang dihancurkan ke kulit.

Ritual ini mirip dengan penggunaan masker pada umumnya, orang Yunani kuno menemukan bahwa chamomile yang dihancurkan ke kulit ternyata dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang teriritasi.

Kandungan masker chamomile menembus kulit secara mendalam, tetapi lembut untuk membantu meredakan peradangan. Seperti kandungan Levomenol yang tidak hanya bersifat anti radang namun juga melembapkan kulit, serta mengurangi gatal akibat kulit kering

Baca Juga: 6 Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah yang Harus Anda Tahu!

3. Melindungi Kulit dari Bakteri, Jamur dan Virus

Kemudian, masker chamomile dapat melindungi kulit dari bakteri, jamur dan virus. Hal ini karena kandungan masker chamomile yang diambil dari ekstrak minyak atsirinya memiliki sifat anti mikroba.

Menurut studi di tahun 2018 pada tikus ditemukan bahwa penggunaan ekstrak chamomile secara signifikan meningkatkan penyembuhan dan aktivitas antibakteri pada luka yang terinfeksi.

4. Menenangkan Kulit Sensitif

Manfaat masker chamomile berikutnya adalah menenangkan kulit sensitif. Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa merawat kulit dengan masker chamomile.

Kandungan bisoprolol, chamazulene, dan apigenin di dalam chamomile adalah tiga senyawa yang memberikan manfaat menenangkan dan membantu penyembuhan bagi kulit sensitif.

Produk dengan kandungan chamomile umumnya aman digunakan untuk individu dengan dermatitis kontak

5. Mengatasi Hiperpigmentasi

Manfaat masker chamomile lainnya adalah mengatasi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi area kulit yang lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.

Hiperpigmentasi disebabkan karena pigmen melanin yang berlebihan. Biasanya kondisi ini disebabkan karena cedera atau pembengkakan pada kulit.

Umumnya hiperpigmentasi juga terkait dengan kerusakan akibat sinar matahari, jerawat, atau perubahan hormonal selama kehamilan.

Gunakan masker chamomile secara rutin untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi pada wajah. Kandungan masker chamomile memiliki sifat astringent dan membantu mencerahkan kulit.

Chamomile juga membantu melembutkan kulit, membantu memudarkan bekas jerawat, dan memberikan efek kencang pada kulit setelah pemakaian.

Itulah manfaat masker chamomile untuk kulit wajah. Masker chamomile sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News