Keluarga

5 Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Oatmeal tidak hanya bisa dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi secara langsung. Karena, oatmeal juga bisa Anda gunakan untuk mandi atau berendam.

Bukan tanpa alasan, mandi oatmeal layak menjadi sebuah tren kecantikan mengingat manfaatnya yang terbilang menakjubkan untuk kulit.

Patut Anda pertimbangkan, inilah 5 manfaat mandi oatmeal yang luar biasa untuk kulit sebagaimana dilansir dari Dr. Axe.

Baca Juga: Ini 4 Suplemen yang Bagus untuk Memerangi Penuaan Kulit, Tertarik Mencoba?

Ilustrasi kesehatan oatmeal

1. Menenangkan kulit

Mandi oatmeal berguna untuk meredakan kulit yang gatal dan teriritasi. Jika Anda memiliki masalah kulit inflamasi, ruam, gatal-gatal, atau terbakar sinar matahari, berendam dalam oatmeal koloid akan memberikan efek yang menenangkan dan menghidrasi.

Sebagai agen anti-inflamasi dan antioksidan, oatmeal mampu membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan dari dalam.

Studi mengungkapkan bahwa oatmeal berperan dalam perlindungan kulit terhadap sinar ultraviolet. Itulah mengapa oatmeal kerap dijadikan sebagai bahan dalam produk kosmetik.

2. Melembabkan kulit

Mandi oatmeal akan membentuk protective barrier pada kulit yang berguna untuk membantu menahan kelembaban sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi. Plus, oatmeal mengandung saponin yang memiliki efek antibakteri, pembersihan, dan perlindungan.

Satu studi klinis yang mengevaluasi efek melembabkan pada oatmeal koloid menemukan bahwa bahan ini memiliki manfaat yang signifikan untuk mengatasi kulit pecah-pecah, rusak, dan kering.

3. Mengurangi peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terbilang efektif untuk membantu meredakan beberapa penyakit inflamasi dermatologis termasuk dermatitis atopik, pruritus, infeksi virus, dan psoriasis.

Karena efek anti-inflamasinya tersebut, mandi oatmeal disarankan untuk mengatasi gatal-gatal dan membantu mengurangi pembengkakan serta iritasi. Mandi oatmeal juga direkomendasikan untuk membantu meringankan sengatan matahari, gigitan serangga, cacar air, poison ivy, dan ruam popok.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sarapan Ini Bisa Membuat Kulit Awet Muda Lho. Yuk, Terapkan!

4. Bertindak sebagai antioksidan

Para ilmuwan sepakat bahwa kandungan avenanthramides yang ditemukan dalam gandum utuh mampu bekerja untuk menghambat peradangan dan menenangkan kulit. Avenanthramides sendiri merupakan kelompok alkaloid fenolik yang bertindak sebagai antioksidan kuat.

Selain mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang mengarah pada tanda-tanda awal penuaan dan kerusakan kulit, senyawa ini juga berkaitan dengan efek anti-gatal dan bahkan anti-tumor.

5. Melindungi kulit

Sebuah uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology menemukan bahwa oatmeal koloid memiliki aktivitas penguatan skin barrier. Ketika oatmeal digunakan secara topikal, itu akan menunjukkan perbaikan klinis yang signifikan terhadap permasalahan kulit kering.

Oatmeal koloid juga menyediakan penyangga ph pada kulit dan bisa mendorong pemulihan kerusakan penghalang kulit. Itu artinya, bahan ini mampu melindungi kulit Anda dari kotoran, bakteri, dan faktor lingkungan yang menyebabkan iritasi atau kerusakan.

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut langkah membuat air rendaman oatmeal untuk mandi:

  • Siapkan oatmeal koloid atau giling 1 cangkir oatmeal instan tanpa rasa hingga halus menggunakan alat penggiling kopi, blender, atau food processor. Khusus untuk bayi atau anak kecil, cukup gunakan oatmeal tanpa rasa sebanyak setengah cangkir saja.
  • Masukkan 1 cangkir bubuk oatmeal halus ke dalam bak mandi berisi air dan diamkan selama 1 menit.
  • Setelah mendiamkan oatmeal selama 1 menit, berendamlah dengan santai dan nikmati.
  • Selesai berendam, bilas kulit Anda hingga bersih menggunakan air lalu keringkan.
  • Terakhir, pakailah pelembab yang lembut atau gunakan minyak kelapa, minyak frankincense, atau minyak lavender.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News