kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Mandi Air Hangat yang Terbukti Menyehatkan


Selasa, 07 Maret 2023 / 16:06 WIB
5 Manfaat Mandi Air Hangat yang Terbukti Menyehatkan
ILUSTRASI. Manfaat mandi air hangat juga bisa melancarkan peredaran dalam dalam tubuh.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Air hangat sering digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang nyeri atau pegal. Nah, ternyata ada sejumlah manfaat mandi air hangat bagi tubuh dan kesehatan. 

Manfaat mandi air hangat salah satunya dapat membantu menenangkan pikiran dan menjadi sarana relaksasi bagi tubuh. 

Terlebih setelah melakukan aktivitas seharian yang membuat kepala terasa penat dan badan pegal. Sehingga, mandi air hangat pun bisa menjadi pilihan bagus untuk menenangkan pikiran. 

Baca Juga: Meredakan Rematik sampai Perut Kembung, Ini Manfaat Kencur

Selain itu, manfaat mandi air hangat juga bisa melancarkan peredaran dalam dalam tubuh. Saat kulit berinteraksi dengan hangatnya air, mendorong tubuh melepaskan hormon endorfin yang bersifat menenangkan. 

Lalu, apa saja manfaat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh? 

Baca Juga: Dapur Anda Memiliki Aroma Tak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya

Terapi dengan air hangat

Manfaat mandi air hangat yakni dapat meredakan nyeri otot dan persendian.

Studi menunjukkan bahwa mandi air hangat dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Mandi air hangat atau air panas adalah bentuk hidroterapi dan pemanasan tubuh pasif.

Mereka telah dipelajari sebagai pengobatan pelengkap untuk beberapa kondisi, termasuk suasana hati yang buruk, kurang tidur, dan nyeri otot.

Saat ini, studi mengenai manfaat kesehatan dari mandi air panas masih terus berkembang. Sebagian besar penelitian mendefinisikan mandi air panas sebagai berendam dalam air hangat dengan suhu air antara 104ºF dan 108.5ºF (40ºC dan 45.2ºC). 

Baca Juga: Punya Sofa Kulit Di Rumah? Yuk Intip Cara Merawat & Membersihkannya

Manfaat mandi air hangat

Bagi banyak orang, khasiat mandi air panas identik dengan pereda stres.

Berikut ini khasiat mandi air hangat sebagaimana dilansir dari laman GoodRx Health:

1. Mandi meredakan nyeri otot dan persendian

Manfaat mandi air hangat yakni dapat meredakan nyeri otot dan persendian. Hal itu lantaran air hangat dan panas melebarkan pembuluh darah untuk melancarkan sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang lancar juga dapat membantu mengendurkan otot dan persendian yang tegang, yang dapat meredakan nyeri. 

Penelitian menunjukkan bahwa metode terapi spa, seperti mandi air hangat, dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup penderita fibromyalgia.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas? Remaja Wajib Tahu

2. Mandi air hangat dapat mendukung kesehatan jantung

Tekanan darah tinggi jika tidak diobati dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius termasuk penyakit jantung. 

Jadi, menjaga tekanan darah yang sehat adalah kunci kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah untuk sementara.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Pisang untuk Memperindah Rambut

Sebuah studi juga menemukan bahwa berendam selama 60 menit dalam air hangat dapat mengurangi tekanan darah. Studi lain menemukan hubungan antara mandi air hangat teratur dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. 

Tetapi mandi air panas tidak boleh menggantikan perubahan gaya hidup sehat dan metode pengobatan utama dari dokter untuk tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung lainnya.

Baca Juga: 9 Minuman yang Bikin Asam Lambung Rontok, Sensasi Terbakar di Tenggorokan Bisa Adem

3. Mandi dapat membantu meredakan stres dan melawan depresi

Bagi banyak orang, khasiat mandi air panas identik dengan pereda stres. Manfaat mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa khawatir dan meningkatkan suasana hati. 

Dalam sebuah studi kecil, para peneliti mengamati efek mandi air hangat pada penderita depresi. Mereka yang mandi air hangat sebanyak dua kali seminggu selama sebulan merasa lebih rileks dibandingkan sebelumnya. 

Baca Juga: Teh Pare Bisa Cegah Diabetes, Proses Pembuatannya Hanya 10 Menit

4. Mandi air hangat membantu tidur lebih nyenyak

Jika Anda sulit tidur, cobalah mandi air hangat sebelum tidur. Studi telah menemukan bahwa manfaat mandi air hangat selama setidaknya 10 menit dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa mandi air hangat sekitar satu atau dua jam sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Baca Juga: Spons Ternyata Perlu Rutin Dibersihkan, Simak Cara & Jadwal Mencucinya

5. Mandi air hangat itu nyaman

Jika Anda memiliki bathub, maka Anda dapat merasakan manfaat mandi air hangat dengan cara berendam di dalam bathub. 

Namun, jika Anda tidak memiliki bathub, maka Anda dapat menikmati manfaat mandi air hangat dengan cara mengguyurnya dari atas kepala menggunakan gayung. 

Nah, itulah sederet mandi air hangat yang luar biasa efeknya pada kesehatan. Tak ada salahnya membuat jadwal rutin setidaknya sepekan sekali untuk melakukan aktivitas ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×