Keluarga

5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Bikin Kulit Awet Muda

5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Bikin Kulit Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Bisa bikin kulit awet muda, inilah 5 manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kebanyakan orang mungkin lebih suka mandi air panas karena cenderung membuat rileks. Faktanya, mandi air panas kurang ramah untuk kulit dan rambut dibandingkan mandi air dingin lho.

Dibandingkan mandi air dingin, mandi air panas rentan menghilangkan minyak alami kulit sehingga dapat membuat kulit terasa kering setelahnya.

Alih-alih mandi air panas apalagi terlalu sering, alangkah baiknya Anda beralih menggunakan air dingin untuk membersihkan seluruh tubuh.

Bukan tanpa alasan, ada setidaknya 5 manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Melansir mindbodygreen, berikut kelima manfaat tersebut:

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Daki Hitam di Leher dengan Bahan Alami

1. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang pertama yaitu menjaga kelembaban kulit.

Mandi air panas cenderung menghilangkan minyak dan lipid pelindung alami dari kulit Anda. Hal ini dapat membuat kulit terasa kencang, gatal, dan tidak nyaman pada akhirnya.

Sebaliknya, mandi air dingin bisa menenangkan kulit yang gatal dan terititasi. Ini karena air dingin tidak akan melarutkan minyak alami yang dibutuhkan kulit, kata dokter kulit bersertifikat bernama Ife J. Rodney, M.D., FAAD.

2. Menenangkan kulit yang teriritasi

Manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang kedua yaitu menenangkan kulit yang teriritasi.

Jika Anda sedang mengalami iritasi kulit, mandi air dingin akan terasa sangat menenangkan. Mandi air dingin dapat mengurangi iritasi, gatal, atau kemarahan serta membantu menenangkan kondisi atopik.

Menurut dokter kulit bersertifikat bernama Ava Shamban, M.D., suhu dingin bisa membantu mengurangi peradangan. Itulah mengapa kompres dingin sangat disarankan untuk meredakan sengatan matahari, eksim, atau iritasi lainnya.

3. Membuat kulit terlihat lebih muda

Manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang ketiga yaitu membuat kulit terlihat lebih muda.

Air dingin dapat merangsang otot-otot kecil di pori-pori untuk menciptakan kulit yang kencang dan awet muda. Hal ini selaras dengan fakta bahwa suhu dingin bisa menyempitkan pembuluh darah di kulit yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Itulah sebabnya para ahli sering merekomendasikan penggunaan es di bawah mata untuk menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam.

Pengetatan pori-pori yang terjadi saat mandi air dingin juga bisa membantu mengurangi masuknya polutan untuk sementara dan meningkatkan kemampuan kulit untuk berfungsi serta merespons radikal bebas atau melawan cedera sel.

Baca Juga: 6 Alasan untuk Tidak Ragu Pakai Lipstik Merah, Ternyata Bisa Bikin Percaya Diri Lho!

4. Menjaga kulit kepala tetap lembab

Manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang keempat yaitu menjaga kulit kepala tetap lembab.

Seorang penata rambut selebriti bernama Annagjid “Kee” Taylor merekomendasikan mandi air dingin untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan terhidrasi.

Tidak seperti air panas, air dingin tidak akan mengeringkan lapisan sebum yang melindungi kulit dan rambut.

5. Menguatkan rambut

Manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang kelima yaitu menguatkan rambut.

Air dingin tidak hanya membantu kulit kepala mempertahankan kelembabannya, tetapi juga mampu menyegel kutikula rambut dan membantu mengunci kelembaban ke dalam helai rambut itu sendiri.

Menurut penata rambut selebriti bernama Andrew Fitzsimons, suhu air dingin dapat menutup dan memperkuat kutikula rambut untuk menghasilkan rambut yang lebih kuat dan lebih sehat dari waktu ke waktu.

Demikian 5 manfaat mandi air dingin untuk kecantikan kulit dan rambut yang bisa Anda catat. Kendati bagus, namun Anda yang memiliki kulit sangat sensitif atau memiliki detak jantung yang tidak teratur perlu berhati-hati dan mendengarkan tubuh Anda sebelum memutuskan untuk mandi air dingin.

Selain itu, jangan lupa untuk mengoleskan body lotion sesaat setelah mandi guna mengembalikan kelembaban yang sempat hilang tersapu air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News