Bugar

5 Manfaat Lengkuas untuk Kulit, Bekas Jerawat Hilang

5 Manfaat Lengkuas untuk Kulit, Bekas Jerawat Hilang

MOMSMONEY.ID - Sering dijadikan bumbu masakan, ternyata lengkuas memiliki manfaat untuk kulit. Manfaat lengkuas untuk kulit mulai dari mengatasi penyakit kulit hingga kulit awet muda.

Lengkuas mengandung  galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid lainnya yang baik untuk tubuh. Sehingga lengkuas bisa dijadikan bahan alami untuk merawat kulit. 

Yuk, simak lima manfaat lengkuas untuk kulit dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu:

1. Mengatasi beberapa penyakit kulit

Manfaat lengkuas untuk kulit adalah mengatasi beberapa penyakit kulit. Melansir dari stylecraze.com, jus lengkuas dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Beberapa contoh penyakit yang bisa disembuhkan seperti luka, kudis, dan bisul. Penyakit kulit ini cukup sulit dihilangkan, tetapi dengan lengkuas bisa diandalkan. 

2. Mengatasi luka bakar

Manfaat lengkuas untuk kulit selanjutnya adalah mengatasi luka bakar. Jika bagian kulit Anda mengalami luka bakar, manfaat lengkuas dalam menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan luka bakar tersebut. Caranya cukup di jus lengkuas lalu diaplikasikan pada kulit.

Anda juga bisa menggosok lengkuas segar secara langsung ke kulit Anda sebanyak 2-3 kali sehari untuk mengurangi bekas luka bakar tersebut. Jika digunakan setiap hari, efeknya akan terasa dalam kurun waktu 6-12 minggu ke depan.

Baca Juga: 5 Manfaat Habbatussauda untuk Rambut, Kurangi Ketombe & Rontok

3. Menjaga kulit awet muda

Berikutnya, lengkuas juga bisa menjaga kulit agar tetap awet muda. Komponen di dalam lengkuas yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan adalah antioksidan.

Ada 40 jenis antioksidan di dalam lengkuas. Semua antioksidan tersebut menghambat proses penuaan dengan cara melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Membersihkan bekas jerawat

Lengkuas bisa membersihkan bekas jerawat karena memiliki antiseptik yang bisa membantu menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah dan halus.

Bahan ini juga berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Bahkan lengkuas juga bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kandungan lengkuas dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat lengkuas untuk kulit lainnya adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika racun keluar dari dalam tubuh dan sirkulasi darah berjalan dengan baik, kulit akan mendapatkan nutrisi lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih sehat.

Itulah lima manfaat lengkuas untuk kulit yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News