HOME, Keluarga

5 Manfaat Kayu Manis untuk Anjing Peliharaan

5 Manfaat Kayu Manis untuk Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin berpikir bahwa semua bumbu dapur merupakan hal yang beracun untuk anjing peliharaan, sehingga selalu menghindarinya. Namun, kabar baiknya, kayu manis adalah salah satu bahan di dapur yang tidak beracun bagi anjing.

Bahkan, bila diberikan dalam porsi yang aman, paling tidak cukup setengah atau satu sendok teh, kayu manis memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan anjing.

Kayu manis mengandung berbagai nutrisi yang bemanfaat untuk tubuh, seperti energi, protein, berbagai macam vitamin, dan berbagai macam mineral.  Dilansir dari Dogster, berikut lima manfaat kayu manis untuk kesehatan anjing.

Baca Juga: Ingin Membuat Hewan Peliharaan Anda Bahagia? Ini Tipsnya

Membantu meningkatkan fungsi otak 

Dalam sebuah penelitian, mengendus kayu manis oleh anjing terbukti menghasilkan peningkatan fungsi otak. Sebab, anjing memiliki memori dan perhatian yang lebih baik setelah menghirup rempah-rempah yang kuat seperti kayu manis.

Oleh karena itu, kayu manis dapat dimanfaatkan untuk memelajari trik baru untuk anjing peliharaan.

Menangkal diabetes 

Ternyata, setengah sendok teh kayu manis sehari dapat mengatur gula darah dan meningkatkan resistensi insulin. Artinya, ini benar-benar meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin untuk meningkatkan kadar glukosa darah. Ini penting untuk anjing yang memiliki riwayat diabetes, terutama anjing senior dan anjing yang obesitas. Anda dapat mencampurkannya dalam mangkuk makanannya.

Membantu mengatasi arthritis 

Kayu manis bersifat antiinflamasi untuk anjing dan sangat bagus untuk anjing senior yang menderita radang sendi. Kayu manis yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan mengurangi pembengkakan. Banyak orang merekomendasikan untuk mencampur ½ sdt kayu manis dan 1 sdm madu untuk anjing berukuran sedang. Selain untuk mengatasi arthritis, kayu manis juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolestrol LDL, dan memperlambat pertumbuhan sel leukimia dan kanker limfoma.

Mencegah Infeksi Jamur

Kayu manis memiliki sifat antijamur. Kayu manis bahkan dapat memerangi Candida albicans, yakni infeksi jamur yang biasanya terjadi di kulit, mulut, dan organ intim, bahkan dapat menyebar ke dalam organ dalam tubuh.

Anjing dengan alergi atau yang menderita infeksi jamur dapat mengambil manfaat dari kayu manis.

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Bila Kucing Mengonsumsi Bawang

Merupakan antioksidan

Kayu manis juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dari tekanan lingkungan dan memperlambat penuaan kognitif. Antioksidan juga berfungsi untuk mendukung fungsi otak, meningkatkan fokus dan memori yang sangat bermanfaat untuk anjing senior serta memiliki gejala demensia.

Peringatan terkait konsumsi kayu manis pada anjing

Namun, penting diingat. Melansir Pawlicy, batang kayu manis dapat menyebabkan iritasi pencernaan dan kulit baik pada manusia maupun hewan peliharaan, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Selain itu, menelan bubuk kayu manis, batang kayu manis, dan minyak kayu manis dapat mengiritasi mulut anjing. Sementara menghirup bubuknya secara langsung, dapat menyebabkan anjing batuk, kesulitan bernafas, dan tersedak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News