HOME, Bugar

5 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kemiri adalah biji dari tanaman yang termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae. Salah satu bumbu favorit masakan Indonesia ini memiliki nama latin Aleurites moluccanus. 

Penggunaan kemiri sebagai bumbu kerap ditemukan pada beragam masakan Nusantara. Kehadirannya membuat cita rasa hidangan lebih gurih dan lezat. Tak hanya menyedapkan masakan, kemiri juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir Data Komposisi Pangan Indonesia, sebiji kemiri mengandung protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, dan fosfor.

Berbagai kandungan gizi inilah yang dapat memberikan khasiat untuk kesehatan Anda. Simak manfaat kemiri berikut ini.

Baca Juga: 10 Gejala Kencing Manis yang Bisa Dikenali Sejak Dini

1. Menyembuhkan gigitan serangga

Selain dapat menyembuhkan luka, kemiri juga dipercaya dapat menyembuhkan luka akibat gigitan serangga yang ringan dan menimbulkan luka.

Caranya, panggang kemiri dan kunyit, lalu tumbuk keduanya hingga halus. Setelah itu, Anda bisa meletakkannya di bagian kulit yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

2. Membantu mengontrol eksim

Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak dianggap mampu membantu penderita eksim dalam mencegah gatal, melembapkan kulit, dan mengatasi peradangan secara efektif.

Eksim sendiri merupakan salah satu masalah kulit yang paling sulit untuk dikendalikan. Penderitanya akan kerap mengalami kulit kering, kasar, dan gatal.

Selain membantu meredakan eksim, minyak kemiri juga efektif dalam melawan gejala penyakit kulit lainnya, seperti rosacea dan psoriasis.

3. Menyembuhkan luka

Minyak olahan kemiri diklaim mampu menghilangkan rasa sakit, mempercepat pernyembuhan luka, melindungi luka dari kemungkinan infeksi, menghilangkan pembengkakan, dan membantu penyembuhan kulit terbakar.

4. Perawatan rambut

Asam lemak linoleat dan linolenat yang ditemukan dalam minyak dari kemiri mampu melapisi dan melembapkan rambut, memberikan nutrisi pada rambut, membuat rambut berkilau, dan mencegah kerusakan rambut.

Selain itu, kemiri juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala berketombe atau gatal. Semua ini berkat asam lemak dalam minyak kemiri yang mampu menembus batang rambut dan membuatnya nampak sehat.

5. Melancarkan pencernaan

Manfaat kemiri selanjutnya yakni bantu memperlancar proses pencernaan makanan dalam perut. Ini bisa terjadi mengingat kemiri mengandung serat. Ditambah lagi, minyak yang terdapat pada kemiri dapat bertindak sebagai pencahar ringan.

Rutin makan kemiri dapat membantu membuat buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar dan teratur. Serat makanan akan meningkatkan berat dan ukuran tinja sehingga kotoran lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Bukan sekedar Penyedap Masakan, Daun Bawang Juga Baik untuk Ibu Hamil

Meski memberi manfaat, kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah. Kemiri bisa saja menjadi racun dan menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan sesak napas.

Oleh karena itu, pastikan kemiri yang Anda konsumsi sudah diolah matang. 

Selanjutnya: Waspada, Deretan Penyakit Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Junkfood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News