Keluarga

5 Manfaat Jus Wortel untuk Kecantikan Kulit, Bisa Merangsang Produksi Kolagen

5 Manfaat Jus Wortel untuk Kecantikan Kulit, Bisa Merangsang Produksi Kolagen

MOMSMONEY.ID - Ada banyak manfaat jus wortel untuk kecantikan kulit. Wortel sarat dengan vitamin dan nutrisi terutama beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A.

Itu sebabnya, sayuran berwarna oranye ini sering dimanfaatkan menjadi beragam olahan salah satunya dalam bentuk jus.

Mungkin, sebagian orang tidak suka minum jus wortel karena aromanya yang sedikit langu. Kendati begitu, aroma jus wortel yang demikian tidak ada apa-apanya dibandingkan manfaatnya yang luar biasa.

Tak hanya dapat meningkatkan energi dan metabolisme tubuh, jus wortel juga menyimpan manfaat yang melimpah untuk kulit. Dilansir dari laman Advanced Dermatology & Skin Cancer Associates, inilah 5 manfaat jus wortel untuk kecantikan kulit!

1. Mengurangi kemerahan dan menyamarkan bekas luka

Jus wortel mengandung beta karoten dalam jumlah tinggi yang dikonversi menjadi salah satu bentuk vitamin A paling murni yakni retinol. Vitamin A sendiri berfungsi sebagai vitamin ajaib dalam hal penyembuhan kulit serta mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Selain diminum, Anda juga bisa mengoleskan jus wortel murni ke kulit dengan lembut menggunakan kapas untuk mendapatkan khasiatnya. Atau mengolahnya menjadi masker wajah.

Untuk membuat masker dari jus wortel, cukup campurkan jus wortel secukupnya dengan 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu hingga menjadi pasta kental.

Oatmeal dapat bekerja secara sinergis dengan jus wortel untuk meredakan kemerahan dan peradangan serta membersihkan pori-pori berkat kandungan saponinnya yang tinggi. Setelah masker jadi, oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

2. Mengurangi jerawat

Kandungan beta karoten dalam jus wortel mampu mengontrol produksi sebum dan mengurangi timbulnya jerawat. Untuk hasil yang lebih efektif, disarankan untuk minum jus wortel sembari mengoleskannya secara topikal ke kulit.

Jika dilakukan secara konsisten, jerawat akan semakin berkurang dan kulit akan tampak lebih halus dalam beberapa bulan.

Seorang dermatologist bernama Dr. Purvisha Patel merekomendasikan orang-orang yang sedang berjuang dengan jerawat untuk membuat dan menggunakan masker DIY dari jus wortel.

Cukup campurkan 1 cangkir jus wortel kental dengan 1 sendok teh tepung buncis dan 1 sendok teh kunyit sampai konsistensinya halus. Aplikasikan masker ini ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Mencegah dan mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari

Secara topikal, jus wortel dapat membantu memerangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Ini tidak terlepas dari kandungan falcarinol dan antioksidan yang terdapat di dalam wortel. Plus, kandungan beta karoten yang mampu bertindak sebagai pelindung matahari yang sangat lembut.

Apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak nutrisi, pilihlah wortel yang masih kecil daripada yang besar untuk diolah menjadi jus wortel.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen selama melakukan perawatan menggunakan jus wortel.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

4. Merangsang produksi kolagen

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel bisa membantu merangsang produksi kolagen dan menjaga kekenyalan kulit.

Perlu Anda tahu bahwa produksi kolagen dalam tubuh cenderung semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Padahal, kolagen berperan penting untuk membuat kulit tetap kencang, kenyal, montok, dan sehat.

Kabar baiknya, jus wortel menawarkan khasiat yang luar biasa untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit dengan menstimulasi produksi kolagen secara alami.

5. Membuat kulit glowing

Karotenoid dalam jus wortel merupakan antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam dan tidak bercahaya.

Jadi, jika Anda ingin mengembalikan ke-glowing-an kulit sekaligus membuatnya tampak lebih montok, jus wortel sangat layak untuk dipertimbangkan.

Agar kulit glowing maksimal, minumlah jus wortel murni secara rutin seraya mengoleskannya ke kulit.

Demikian 5 manfaat jus wortel untuk kecantikan kulit.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News