Bugar

5 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah, Mengatasi Flek Hitam

5 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah, Mengatasi Flek Hitam

MOMSMONEY.ID - Telah banyak digunakan di dalam produk skincare, Anda perlu tahu manfaat jeruk lemon untuk wajah.

Jeruk lemon kaya akan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk kulit. Karena manfaatnya, banyak orang yang menggunakan lemon untuk perawatan kulit sehari-hari.

Lebih jelasnya, simak lima manfaat jeruk lemon untuk wajah dilansir dari jovee.id

1. Memudarkan flek hitam

Manfaat jeruk lemon adalah memudarkan flek hitam di wajah.

Kandungan vitamin C dalam jeruk lemon dapat bekerja dengan baik untuk membantu memudarkan flek-flek hitam, bekas jerawat, dan bintik-bintik pada wajah tanda penuaan kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Bantu Kontrol Gula Darah

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat jeruk lemon selanjutnya adalah mengangkat sel-sel kulit mati. 

Sari jeruk lemon dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Efek pengelupasan ini dikaitkan dengan kadar asam sitrat alami buah lemon.

3. Meningkatkan kolagen

Kemudian, lemon juga mampu meningkatkan kolagen di wajah. Kolagen adalah protein yang secara alami terurai seiring bertambahnya usia. Jika kolagen pada tubuh berkurang, maka dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus serta kerutan pada kulit.

Sebagai antioksidan, vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit. Hasilnya kulit Anda pun akan menjadi lebih halus.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan lemon secara langsung ke wajah ternyata dapat membahayakan kulit. Alih-alih mendapatkan kulit yang sehat berkat manfaat jeruk lemon untuk wajah, Anda bisa berhadapan dengan iritasi kulit, phytophotodermatitis, kulit terbakar, atau pun vitiligo.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan produk skincare seperti serum yang mengandung vitamin C.

Baca Juga: 8 Pasangan Bromance Tergemas di Drakor, Ada Woo Do Hwan dan Lee Sang Yi

4. Perawatan kulit berjerawat

Bagi kulit berjerawat, kandungan lemon sangat bermanfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Sari jeruk lemon memiliki kualitas setara dengan astringen karena tingkat keasamannya.

Bahan dengan tingkat pH rendah dapat membantu mengurangi peradangan dan menekan produksi minyak pada wajah yang berkontribusi pada timbulnya jerawat. Inilah alasan banyak orang beranggapan bahwa ada manfaat jeruk lemon untuk wajah berjerawat.

Selain itu, asam sitrat yang terkandung di dalam lemon dapat membantu memecah sel kulit mati yang menyebabkan jerawat non-peradangan, seperti komedo.

5. Efek antimikroba

Manfaat lemon untuk wajah lainnya adalah efek antimikroba. Jeruk lemon juga memiliki efek antimikroba yang dapat membantu menjinakkan bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan peradangan jerawat. Bakteri inilah yang menyebabkan peradangan pada kulit yang memicu timbulnya jerawat.

Lemon juga memiliki efek antijamur yang dapat membantu mengobati ruam kandida dan jamur kulit kepala yang terkadang terjadi bersamaan dengan dermatitis seboroik.

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk lemon untuk wajah. Pilihlah produk skincare yang mengandung bahan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News