HOME, Bugar

5 Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Jalan kaki sesudah sahur bisa meredakan tingkat stres yang Anda alami dan juga menyehatkan tubuh selama bulan puasa. 

Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, memperbaiki suasana hati, hingga meningkatkan energi.   

Memasuki bulan puasa, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Berbuka puasa dan sahur menjadi pola makan baru untuk dijalankan.   

Selain memastikan asupan makanan dan cairan dapat memenuhi kebutuhan tubuh, Anda juga perlu melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.  

Dengan begitu Anda dapat merasakan manfaat dari olahraga ini, misalnya menurunkan tingkat stres yang dirasakan.   

Baca Juga: Inilah 5 Tips Menerapkan Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Dilansir dari Firstcry Parenting, berikut ini beberapa manfaat jalan kaki sesudah sahur yang perlu Anda ketahui, antara lain:   

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jalan kaki sesudah sahur yang pertama adalah meningkatkan imunitas tubuh. Selama berpuasa, Anda perlu memastikan imun tubuh dalam kondisi yang optimal.  

Anda bisa jalan kaki sesudah sahur untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang rendah dapat memicu berbagai gangguan kesehatan.  

Tentunya keluhan kesehatan yang Anda rasakan bisa mengganggu ibadah puasa yang akan dijalani. Jadi, tidak ada salahnya lakukan jalan kaki sesudah sahur secara rutin.  

2. Membuat suasana hati menjadi lebih baik

Manfaat jalan kaki sesudah sahur yang pertama adalah membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jalan kaki sesudah sahur juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.  

Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri hingga menurunkan rasa cemas yang Anda rasakan.  

3. Meningkatkan energi

Manfaat jalan kaki sesudah sahur yang ketiga adalah meningkatkan energi selama berpuasa. Berjalan kaki membantu Anda meningkatkan energi selama satu hari untuk beraktivitas.  

Dengan begitu, Anda akan lebih semangat menjalani ibadah puasa ditengah kesibukan aktivitas sehari-hari.  

10 menit berjalan kaki khususnya berjalan melalui anak tangga dapat meningkatkan energi lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi kopi di pagi hari.   

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang dan Sendi

4. Mencegah sembelit

Manfaat jalan kaki sesudah sahur yang keempat bisa membantu Anda mencegah sembelit selama berpuasa. Jalan kaki juga dapat mendorong makanan pada saluran pencernaan.  

Hal ini tidak hanya melegakan perut yang begah, tapi juga membantu keluarnya feses dari tubuh sehingga Anda terhindar dari sembelit (konstipasi).  

5. Meningkatkan laju metabolisme

Manfaat jalan kaki sesudah sahur yang teraakhir adalah meningkatkan laju metabolisme tubuh selama berpuasa.   

Salah satu cara meningkatkan laju metabolisme yakni dengan aktif bergerak, bahkan sekalipun Anda hanya berjalan kaki selama beberapa menit setelah sarapan.  

Pasalnya, tubuh Anda terpacu untuk membakar lebih banyak energi. Itulah beberapa manfaat jalan kaki sesudah sahur yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News