ads

5 Manfaat Daun Mint, Bisa Meredakan Asma hingga Mengatasi Sakit Kepala

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:17 WIB
5 Manfaat Daun Mint, Bisa Meredakan Asma hingga Mengatasi Sakit Kepala

ILUSTRASI. 5 Manfaat Daun Mint, Bisa Meredakan Asma sampai Mengatasi Sakit Kepala


MOMSMONEY.ID - Di balik sensasi rasanya yang dingin dan menyegarkan, daun mint memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Tak heran, bila daun mint menjadi herbal populer yang banyak diminati orang.

Tanaman ini kali pertama ditemukan di Eropa dan mulai tersebar ke Jepang sekitar tahun 1870. Menurut sebuah penelitian, kandungan daun mint yang utama adalah mentol (Mentha piperita L), metil asetat, dan menthone, dikutip dari Everyday Health.

Dalam dunia kedokteran, mentol sering digunakan sebagai obat penenang dan antispasmodic, kandungan yang terdapat dalam obat batuk. Tanaman ini juga sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. 

Berikut manfaat daun mint lainnya untuk kesehatan tubuh yang anda ketahui.  

1. Asma

Masalah sesak napas seperti asma bisa diringankan dengan daun mint. Manfaat daun mint untuk kesehatan ini berasal dari kandungan mentolnya. Mentol akan bekerja membuka saluran pernapasan penderita asma. 

Hal ini disebabkan karena mentol bisa berperan sebagai antiinflamasi alami. Lalu terdapat antibakteri yang bisa mengobati infeksi akibat bakteri di saluran pernapasan. Sesak napas, berbagai gejala asma, dan flu bisa diredakan olehnya. 

Baca Juga: Minum Teh Chamomile Secara Rutin Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

2. Kaya antioksidan

Daun mint memiliki kandungan antioksida yang tinggi. Antioksidan ini membuat manfaat daun mint untuk kesehatan dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres karena kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. 

Daun mint pun mengandung alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Antoksidan lain, seperti asam rosmarinic yang ada di daun mint mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu. 

3. Mengatasi sakit kepala

Manfaat kedua dari daun mint, yakni bisa mengatasi sakit kepala. Sakit kepala disebabkan oleh otot-otot kepala yang tegang sehingga neuron tertarik dan menyebabkan sakit yang tidak tertahan. 

Penyakit ini biasanya muncul ketika kita sedang merasa stres atau letih. Sebuah penelitian di Kanada menyatakan penggunaan aroma dari daun mint bisa menjadi solusi. Kandungan daun mint serta aromanya yang terapeutik dapat melancarkan aliran darah ke otak dan melemaskan otot yang tegang. 

Baca Juga: Sering Lelah dan Nafsu Makan Menurun? Bisa Jadi Itu Gejala Penyakit Liver

4. Pereda nyeri

Daun mint adalah obat alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pereda nyeri alami. Penggunaan ekstrak daun mint terbukti bisa sebagai obat luar untuk meningkatkan ambang batas nyeri pada manusia. 

Mengonsumsi olahan daun mint, seperti teh, terbukti efektif sebagai pereda nyeri dengan efek seperti aspirin. 

5. Menjaga kesehatan rambut

Daun mint populer digunakan sebagai perawatan rambut, khususnya untuk mengatasi ketombe dan gatal rambut.  

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan merendam daun mint dalam air dan diamkan selama seminggu. Setelah itu gunakan sebagai kondisioner setelah keramas. 

Selain itu, antibakteri yang ada berperan mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran pernapasan. Semua kandungan tersebut yang membuat daun mint berguna bagi pengidap asma karena mampu melonggarkan saluran pernapasan dan bisa mengatasi hidung tersumbat akibat flu.

Selanjutnya: Hindari Diet Ekstrim yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER