HOME, Bugar

5 Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Orang Ketahui

5 Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Orang Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kenikir atau Cosmos caudatus adalah jenis sayuran yang biasanya dimakan langsung sebagai lalapan. Selain mengandung vitamin dan mineral, terdapat sejumlah nutrisi penting lainnya pada sayuran yang satu ini.

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa daun kenikir mengandung karbohidrat, protein, serat, air, serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, dan beta karoten.

Daun kenikir juga banyak mengandung mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium, dikutip dari WebMD.

Selain itu, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat (phenolic acid),dan asam klorogenat dalam jumlah yang besar.

Ketiganya merupakan zat yang memiliki sifat antioksidan dan diduga memiliki efek antiradang, antihipertensi, antidiabetes, antibakteri, dan baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Jika diolah dengan tepat, daun kenikir akan memberikan sejumlah nutrisi baik bagi tubuh Anda. Nah, berikut beberapa manfaat daun kenikir untuk menunjang kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pare untuk Tubuh

1. Mencegah gangguan pencernaan

Selain mencegah berbagai penyakit kronis, para peneliti meyakini bahwa flavonoid yang terkandung dalam daun kenikir dapat mencegah gangguan pencernaan. Flavonoid adalah jenis antioksidan yang telah terbukti khasiatnya untuk memperkuat daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat radikal bebas. 

2. Mencegah dan membantu mengobati diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang bisa terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.

Berdasarkan data dari beberapa penelitian, ditemukan fakta bahwa salah satu manfaat daun kenikir adalah memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun terkendali.

3. Mencegah penyakit hipertensi

Daun ulam raja atau daun kenikir diyakini mampu menurunkan risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Research in Medical Sciences.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan uji coba.

Hal ini karena daun kenikir memiliki efek diuretik yaitu kemampuan untuk meningkatkan pembuangan garam dari dalam tubuh. Sehingga kelebihan garam dalam darah yang menjadi penyebab hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker 

Terdapat suatu kajian ilmiah yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir terlihat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Akan tetapi, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker.

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat daun kenikir yang satu ini diduga berkat kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat didalamnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan diduga dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Selanjutnya: 5 Manfaat Gambas untuk kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News