Bugar

5 Manfaat dari Rutin Mengonsumsi Buah Alpukat

5 Manfaat dari Rutin Mengonsumsi Buah Alpukat

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat dari rutin mengonsumsi buah alpukat yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan. Manfaat tersebut diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah alpukat. 

Buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yakni lemak tak jenuh tunggal. Alpukat juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh.  

Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.  

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat dari rutin mengonsumsi buah alpukat yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh: 

1. Menyehatkan jantung

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh adalah menyehatkan jantung. Buah alpukat mengandung lemak baik yang sangat banyak. 

Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal yang juga jadi komponen utama minyak zaitun, minyak untuk berbagai jenis pengobatan penyakit.   

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Membandel, Ikuti Tips Berikut Moms

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mengontrol tekanan darah. Alpukat kaya akan kalium. 

Mineral ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalium juga baik untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur.  

3. Mengurangi kolesterol

Buah alpukat bisa menurunkan kolesterol jahat yang selama ini jadi penyebab utama penyakit jantung.  

Selain itu, manfaat buah alpukat untuk dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL hingga 11%.  

4. Cegah kanker

Ekstrak buah alpukat juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Hal ini menunjukan, kalau buah alpukat bisa berguna untuk pencegahan kanker.

Bahkan, buah alpukat juga disebut sebagai salah satu obat untuk membantu penyembuhan kanker.  

Baca Juga: Moms, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Usus Selama Berpuasa

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthinnya memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan mata jika dikonsumsi secara rutin. 

Asupan lutein dan zeaxhantin yang cukup juga baik untuk mencegah penyakit pada mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.  

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Masukkan buah alpukat ke dalam daftar menu harian setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News