HOME, Bugar

5 Manfaat Daging Kambing yang Tidak Banyak Orang Tahu

5 Manfaat Daging Kambing yang Tidak Banyak Orang Tahu

MOMSMONEY.ID - Daging kambing merupakan salah satu sumber protein hewani yang tak kalah populer dibanding daging sapi atau ayam. Di Indonesia, olahan daging kambing sangat beragam. Mulai dimasak menjadi sate, gulai, hingga tongseng.

Meski begitu, banyak pula orang yang menghindari konsumsi daging kambing karena takut tekanan darahnya naik. Dibandingkan jenis daging merah lainnya, daging kambing mengandung lemak dan kolesterol yang lebih rendah.

Daging kambing juga mengandung zat besi yang bermanfaat. Kadar natrium dalam daging kambing juga tergolong rendah sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan tekanan darah, dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Risiko Makan Daging Kambing Berlebihan Saat Momen Idul Adha

Melansir laman Live Strong, daging kambing ternyata memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah daripada daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung sekitar 109 kalori dan 20,6 gram protein. Sementara itu, kandungan lemaknya hanya mencapai dua gram saja.

Kita sering mendengar daging kambing tidak baik untuk kesehatan, tapi sebenarnya apa saja kandungan nutrisi daging kambing dan apa manfaatnya untuk tubuh?

Berikut 5 manfaat daging kambing yang tidak banyak orang tahu.

 Baca Juga: 5 Makanan Penetralisir Usai Makan Daging Kambing saat Idul Adha

  • Sumber energi yang besar untuk aktivitas sehari-hari
  • Menjaga sistem saraf serta kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi baik untuk menjaga sistem saraf
  • Mencegah kanker
  • Mencegah anemia khususnya untuk ibu hamil dan menstruasi
  • Mencegah stroke dan gangguan ginjal
  • Kandungan protein di daging kambing sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhan tubuh
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem imun
  • Menjaga kesehatan mata, Kandungan vitamun B2 atau riboflavin sebesar 0.3mg atau 18% dari kebutuhan harian penting untuk menjaga kesehatan mata

Hanya saja, di samping aneka manfaat daging kambing, kita harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, jangan berlebihan. Karena kolesterol yang terkandung di dalamnya termasuk tinggi.

Selanjutnya: Tips Aman Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban di Masa Pandemi, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News