Bugar

5 Manfaat Calendula untuk Wajah di Dalam Produk Skincare

5 Manfaat Calendula untuk Wajah di Dalam Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Menarik dicoba, Anda perlu tahu manfaat calendula untuk wajah di dalam produk skincare. Calendula cukup sering dimanfaatkan sebagai bahan skincare yang mampu menenangkan kulit sensitif dan kemerahan.

Calendula officinalis atau pot marigold adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Calendula cocok dipakai untuk Anda yang mengalami masalah kulit jerawat, kulit sensitif dan kemerahan.

Untuk lebih jelasnya, berikut lima manfaat calendula untuk wajah bersumber dari herworld.co.id, yaitu: 

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Merawat Kaki Kering dan Kusam, Apa Saja?

1. Menenangkan Kulit Sensitif

Manfaat pertama calendula untuk kulit yang pertama adalah dapat menenangkan kulit sensitif. Calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu membatasi kehilangan air trans-epidermal, yang pada gilirannya memperkuat pertahanan kulit terhadap potensi iritasi.

Pada penelitian 2013 dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology, menjelaskan bahwa calendula dapat membantu menenangkan kondisi kulit iritasi, sensitif, eksim dan psoriasis. 

2. Menghidrasi Kulit

Manfaat calendula untuk kulit selanjutnya adalah menghidrasi kulit. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam linoleat yang menyediakan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi penghalang kulit. Ketika fungsi penghalang kulit sehat, menghasilkan kulit menjadi lembab dan kenyal. 

3. Kaya Akan Antioksidan Alami

Calendula ternyata mampu melindungi kulit dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah istilah umum untuk menggambarkan kerusakan yang terjadi ketika kulit terpapar radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi, yang mengakibatkan penuaan dini, kerusakan kolagen dan elastin, serta sejumlah masalah kulit lainnya.

Selain itu, calendula kaya akan antioksidan alami, termasuk flavonoid, polifenol, dan karotenoid, yang semuanya dapat membantu menetralisir dan melindungi kulit dari radikal bebas, serta membatasi efek negatifnya pada kulit. 

Baca Juga: Mudah, Ini 4 Cara Memakai Personal Hotspot iPhone dengan WiFi, USB, sampai Bluetooth

4. Antimikroba

Manfaat calendula untuk kulit berikutnya yaitu sebagai anti mikroba. Anda perlu tahu bahwa tubuh dipenuhi oleh triliunan mikroba, termasuk bakteri dan jamur, yang secara kolektif disebut mikrobioma. Dalam kadar seimbang, mikrobioma ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Tetapi, jika saat salah satu jenis menjadi terlalu banyak, bisa timbul masalah kulit, seperti jerawat. Sifat anti mikroba nya membuat calendula berguna dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan ruam, kata dokter kulit bersertifikat, Joshua Zeichner, MD

5. Menyembuhkan luka

Manfaat calendula lainnya adalah bisa menyembuhkan luka. Calendula diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Family Medicine and Primary Care, menemukan bahwa wanita dengan bekas luka sesar memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat setelah mengoleskan salep calendula. 

Sebuah studi lainnya yang diterbitkan di The Journal of Wound Care, menunjukkan bahwa orang-orang dengan ulkus kaki vena memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat setelah menggunakan salep calendula. 

Nah, itulah manfaat calendula untuk wajah, gunakan produk skincare yang mengandung bahan calendula jika Anda tertarik dengan manfaatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News