HOME, Bugar

5 Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

5 Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

MOMSMONEY.ID - Buah zaitun atau Olea Europea adalah buah yang berasal dari Afrika, Asia beriklim sedang, serta Eropa Selatan. Zaitun kemudian disebarkan ke Australia dan Hawaii melalui budidaya.

Manfaat buah zaitun sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Biasanya, manfaat buah ini diambil dalam bentuk olahan minyak zaitun. Namun, ternyata buah zaitun tak hanya bisa diolah menjadi minyak, tetapi juga bisa langsung dimakan.

Zaitun adalah salah satu makanan penting dalam diet Mediterania. Buah yang masih satu keluarga dengan mangga, ceri, persik, dan almond itu ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, untuk kesehatan Anda. Dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Penderita Batu Empedu Wajib Konsumsi 5 Makanan Ini

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti minyaknya, ternyata buah zaitun mampu meningkatkan kesehatan jantung. Zaitun mengandung asam oleat, yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan menjaga kolesterol jahat (LDL) agar tidak teroksidasi. Selain itu, beberapa riset juga membuktikan bahwa buah zaitun dapat menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan buah zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi. Selain itu, buah zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. 

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan asam oleat milik buah zaitun ternyata berpotensi mencegah kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kedua senyawa itu mampu mengganggu siklus hidup sel kanker di payudara, usus besar, dan lambung. Meski demikian, diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan adanya hubungan antara konsumsi zaitun dengan penurunan risiko kanker.

4. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat buah zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

5. Mengatasi sembelit

Sembelit umumnya terjadi karena pola makan kurang sehat, misalnya jarang minum air atau kurang mengonsumsi makanan berserat. Agar tinja lebih padat dan mudah dikeluarkan, Anda bisa mengonsumsi serat dari buah dan sayuran. Selain itu, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit karena bisa membuat tinja lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Melihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa buah zaitun memang kaya khasiat kesehatan. Namun, jangan ragu untuk menghubungi dokter jika Anda mengalami gejala mengkhawatirkan setelah mengonsumsi buah ini.

Selanjutnya: Kenali Gejala dan Risiko Katarak pada Lansia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News