Bugar

5 Manfaat Buah Persik yang Tidak Banyak Diketahui. Cari Tahu Yuk!

5 Manfaat Buah Persik yang Tidak Banyak Diketahui. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Buah persik atau peach diperkirakan berasal dari negara Tiongkok. Buah persik memiliki kulit tipis dan berbulu halus, serta daging buahnya berwarna jingga kekuningan. 

Selain dikonsumsi secara langsung, buah persik juga dapat diolah menjadi jus, selai, kue, dan berbagai jenis santapan menarik lainnya. 

Memiliki daging buah yang manis, ada cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Di dalam persik terdapat kandungan serat, vitamin, serta mineral yang sayang untuk dilewatkan. 

Berbagai macam kandungan gizi buah persik seperti vitamin, mineral, serat, dan rendah gula mempunyai khasiat salah satunya untuk menambah perlindungan tubuh.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Ini Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dirangkum dari Medical News Today, inilah beberapa manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak diketahui, antara lain: 

Membantu mencegah pertumbuhan kanker

Hampir sama seperti buah lainnya, manfaat persik yang selanjutnya adalah membantu melindungi tubuh dari kemungkinan pertumbuhan jenis kanker tertentu. 

Pada kulit buah persik terdapat kandungan karotenoid serta asam caffeic yang merupakan antioksidan dan memiliki sifat antikanker. 

Lalu, ada pula kandungan lainnya seperti polifenol yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker. 

Mempercepat penyembuhan luka

Seperti yang Anda tahu, banyak sekali manfaat vitamin C untuk tubuh, termasuk untuk membantu penyembuhan luka. 

Selain vitamin C, vitamin K dalam buah persik berperan dalam proses pembekuan darah dan penyembuhan luka. 

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat serta mineral pada buah persik juga mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Cara kerjanya adalah dengan melancarkan pergerakan usus serta mengurangi gangguan pencernaan. Apalagi, saat asupan serat harian tercukupi Anda juga akan terhindar dari sembelit. 

Baca Juga: Waspadai! Ini Alasan DBD Bisa Sangat Berbahya dan Bisa Berakibat Fatal pada Anak

Menjaga daya tahan tubuh

Mengonsumsi buah persik yang tinggi kandungan antioksidan, yaitu vitamin C dan vitamin A, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. 

Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan beragam gangguan kesehatan. 

Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang terkandung dalam buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A. Oleh sebab itu, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata. 

Untuk mendapatkan beragam manfaat buah persik, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi buah persik segar dibandingkan buah persik kalengan.

Walaupun lebih praktis, buah persik kalengan umumnya telah ditambah sirop dengan kadar gula yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News