HOME, Bugar

5 Manfaat Buah Manggis yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat Buah Manggis yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Buah manggis adalah buah tropis dari Asia yang banyak ditemukan di India, Malaysia, dan Indonesia. Jenis buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini memiliki rasa manis dan asam yang khas, sehingga disukai dan cukup populer di kalangan masyarakat.a

Selain enak dimakan, buah manggis juga memiliki segudang manfaat, khasiat, dan kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan Anda. Ada beragam nutrisi yang terkandung dalam buah manggis, di antaranya adalah vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan xanthones, dikutip dari Healthline.

Kandungan nutrisi di dalam buah manggis tersebut diyakini dapat menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan mencegah penyakit kanker. Selain itu, ada beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: Tak Perlu Diragukan Lagi, 5 Manfaat Buah Aprikot Sangat Baik untuk Tubuh

1. Mengurangi peradangan

Kandungan xanthone dan vitamin C pada kulit manggis dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti radang sendi atau penyakit autoimun. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kulit manggis untuk mengurangi kondisi peradangan pada manusia.

2. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat buah manggis yang dicari ialah menurunkan berat badan. Beberapa ahli pun menduga kalau sifat anti-inflamasi pada manggis berkaitan erat dengan hal ini. Sebab, sifat buah manggis tersebut bisa meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

3. Mengontrol kadar gula darah

Berbagai penelitian mengenai buah manggis menemukan fakta bahwa senyawa xanthone dan serat di dalamnya dapat membantu menjaga kadar gula darah. Salah satunya, yaitu studi pada tahun 2018 yang dipublikasikan di jurnal Nutrients.

Studi tersebut menemukan fakta bahwa wanita obesitas yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan. Adapun resistensi insulin merupakan salah satu faktor risiko kadar gula darah tinggi hingga diabetes.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, misalnya kanker payudara dan kanker paru-paru.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

 Baca Juga: Ingin Anak Laki-Laki? Konsumi 5 Makanan ini Selama Kehamilan

Itulah ragam manfaat buah manggis yang perlu Anda ketahui. Dari banyaknya manfaat tersebut, menambahkan buah manggis ke dalam pola makan yang sehat akan menjadi pilihan yang tepat. Terlebih, buah manis ini sangat mudah ditemukan di Indonesia yang beriklim tropis.

Selanjutnya: Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News