HOME, Bugar

5 Manfaat Buah Kesemek Jawa, Bisa Membantu Program Diet

5 Manfaat Buah Kesemek Jawa, Bisa Membantu Program Diet

MOMSMONEY.ID - Kesemek adalah jenis buah-buahan asli Tiongkok yang menyebar ke Jepang dan bagian Asia lainnya. Buah ini sekiranya telah ditanam dan dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu. 

Kesemek memiliki nama Latin Diospyros Kaki dan dikenal sebagai buah kaki dalam bahasa Jepang, yang diambil dari nama zat tanin yang dihasilkan oleh buah ini. Dalam bahasa Inggris, kesemek umum disebut sebagai oriental persimmon. 

Dirangkum dari Medical News Today dan WebMD, berikut adalah manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah kesemek yang ketiga ialah dapat membantu menurunkan berat badan. Buah kesemek dengan berukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram.

Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga manfaat buah kesemek untuk kesehatan sangat cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika Anda sedang diet.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Experimental and Clinical Sciences Journal, senyawa antioksidan, seperti karotenoid dan katekin pada buah kesemek berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat.

Selain itu, kesemek juga mengandung antioksidan lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

Flavonoid termasuk antioksidan kuat yang terdapat dalam kulit dan daging buah kesemek. Penelitian membuktikan bahwa pola makan atau diet yang mengandung flavonoid tinggi dapat membantu menurunkan risiko kanker paru akibat penuaan. 

3. Mengurangi peradangan

Kesemek memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa membantu memulihkan peradangan dalam tubuh. Lagi-lagi, hal ini karena manfaat kandungan berbagai macam antioksidan pada buah kesemek.

Saat mengalami peradangan, tubuh biasanya memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Untuk menetralkannya, tubuh memerlukan asupan vitamin C.

Baca Juga: Kenali Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Macam Penyakit

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam buah kesemek memiliki manfaat lain yang tak kalah menakjubkan. Kesemek mengandung sekitar 55 persen asupan vitamin A dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Vitamin A adalah salah satu komponen penting untuk pembentukan rhodopsin, yaitu protein yang dibutuhkan tubuh agar mata dapat berfungsi dan melihat secara normal. Selain itu, vitamin A juga membantu mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea. 

5. Mengurangi risiko kolesterol

Manfaat buah kesemek yang kelima ialah dapat menurunkan kadar risiko kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kesemek dapat mengurangi kadar kolestrol pada tubuh.

Dengan mengonsumsi buah kesemek setiap hari secara teratur merupakan ide bagus untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol.

Selanjutnya: Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Sembelit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News