HOME, Bugar

5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat dan Terawat

5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat dan Terawat

MOMSMONEY.ID - Buah delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit Anda. Sayangnya, delima jarang menjadi pilihan buah yang disajikan saat makan. 

Padahal, buah delima cukup sering digunakan dalam bahan produk perawatan kulit. Buah delima mengandung antioksidan, vitamin K,vitamin C, dan mineral lainnya. 

Kandungan tersebut yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Sekarang ini, buah delima sering menjadi bahan untuk perawatan kulit karena mengandung antioksidan, antimikroba, antiradang, dan antipenuaan. 

Khasiat-khasiat tersebut dapat membantu sejumlah masalah kulit termasuk kulit kering, tanda-tanda penuaan, noda hitam, jerawat, dan bekas jerawat. Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, berikut ini adalah manfaat buah delima untuk kulit yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kaki Bengkak Tiba-Tiba, Bisa Jadi Tanda Mengalami Penyakit Berikut Ini

1. Mengatasi peradangan dari jerawat

Jerawat berasal dari infeksi bakteri pada kelenjar minyak kulit. Ketika ini terjadi, tubuh mengirim sel darah putih yang disebut neutrofil ke tempat jerawat. Neutrofil mati bercampur dengan bakteri dan kotoran lain di dalam jerawat.

2. Mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam

Manfaat buah delima yang tidak boleh dilewatkan yaitu melindungi kulit wajah dari sengatan matahari. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel dari stres oksidatif. Selain itu, buah delima juga dapat membantu mencegah hiperpigementasi dan flek hitam.

3. Regenerasi kulit

Minyak biji buah delima dapat membantu melindungi epidermis (lapisan luar kulit) dan dermis (lapisan dalam kulit) serta meningkatkan regenerasi epidermis.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kesemek Jawa, Bisa Membantu Program Diet

4. Melembapkan kulit

Sari buah delima sebenarnya lebih baik untuk mengatasi kulit kering yang kusam. Buah delima juga menjadi sumber vitamin C yang bersal dari tumbuhan, yang telah terbukti dapat melembapkan dan melembutkan kulit saat dioleskan ke kulit.

5. Bagus digunakan untuk pemilik kulit kering

Buah delima cocok digunakan untuk pemilik kulit kering. Buahnya yang telah diekstraksi menjadi minyak dapat menembus lapisan bawah kulit dan melembapkan kulit kering, kulit pecah-pecah dan iritiasi. Berkat kandungan punicic acid dan omega 5 fatty acid yang bisa mengunci kadar air dalam kulit.

Dari seluruh manfaat buah delima di atas, tentu sayang sekali kalau kita tidak mulai rutin makan buah delima, bukan?

Selanjutnya: 7 Buah Yang Ampuh Menurunkan Gula Darah, Patut Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News