5 Manfaat Bermain Skateboard untuk Anak-anak yang Layak Dipertimbangkan

Reporter: Ana Risma
Jumat, 23 September 2022 | 23:32 WIB
5 Manfaat Bermain Skateboard untuk Anak-anak yang Layak Dipertimbangkan

ILUSTRASI. 5 Manfaat Bermain Skateboard untuk Anak-anak.


MOMSMONEY.ID - Skateboard sangat layak untuk diperkenalkan kepada anak-anak karena olahraga ini menyimpan beragam manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan mereka. Berdasarkan studi, olahraga skateboard dapat membantu anak untuk menjadi lebih kuat baik secara fisik maupun mental.

Meskipun tampak berbahaya, faktanya skateboard sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut 5 manfaat bermain skateboard untuk anak-anak sebagaimana dilansir dari laman Independent dan Wimzee.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan akibat Sakit

1. Meningkatkan kesehatan dan kebugaran anak

Olahraga skateboard dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular sekaligus mengembangkan koordinasi, keseimbangan, dan fleksibilitas anak. Melalui skateboard, anak akan belajar membuat gerakan mikro yang tepat supaya mereka bisa meluncur dengan lancar dan akurat.

Otot-otot anak terutama pada bagian kaki dan lengan akan menjadi lebih kuat saat mereka mencoba berbagai trik skateboard seperti kickflip, toe flip, ollie, hardflip, atau dolphin. Secara bersamaan, olahraga skateboard akan membakar kelebihan kalori yang sangat bermanfaat untuk membantu anak menurunkan berat badan. Plus, keterampilan yang dipelajari anak dalam bermain skateboard dapat memudahkan mereka untuk mencoba cabang olahraga lain seperti selancar, yoga, dan senam.

2. Menghilangkan stres dan mengurangi depresi

Bermain skateboard dapat menenangkan pikiran anak sekaligus membantu mereka untuk fokus pada saat ini. Olahraga ini sangat bagus untuk anak yang menderita masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi karena bisa mengalihkan pikiran mereka dari kekhawatiran sehari-hari.

Saat anak mengendarai papan skate, otak mereka akan melepaskan endorfin yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan stres serta memberikan anak kesempatan untuk beristirahat sejenak dari rutinitas harian yang sibuk dan penuh tekanan.

3. Meningkatkan ketahanan dan kesabaran

Olahraga skateboard akan menantang anak dalam banyak hal serta mengajarkan mereka tentang keterampilan dalam bergerak. Ketika anak mencoba berbagai posisi skateboarding dan mendapatkan pengalaman baru, itu akan membuat pikirannya tetap waspada dan aktif. Di sisi lain, kegagalan yang anak alami saat mencoba trik skateboard akan menjadikannya lebih tangguh.

Mengingat skateboard mengharuskan anak untuk terus belajar dan mengembangkan strategi supaya bisa berhasil, olahraga ini pun dapat menjadi cara yang terbilang efektif untuk melatih kesabaran mereka. Tentunya, ketahanan dan kesabaran yang tinggi akan sangat bermanfaat bagi anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh lika-liku.

Baca Juga: 4 Minuman Herbal untuk Mengatasi Jerawat dari Dalam

4. Membangun kreativitas dan keberanian

Bermain skateboard akan mendorong pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah pada anak-anak. Lebih dari sekadar olahraga, skateboard mampu memaksimalkan fungsi otak secara keseluruhan dengan meningkatkan aliran darah ke otak. Hasilnya, anak pun akan menjadi lebih kreatif sekaligus tegas.

Dikarenakan skateboard membutuhkan penetapan tujuan, keberanian, dan disiplin, maka bukan tidak mungkin jika anak akan menjadi sosok yang tidak mudah menyerah dan mampu mengatasi ketakutannya dengan lebih baik.

5. Mengembangkan keterampilan sosial

Termasuk olahraga outdoor, skateboard akan memberikan kesempatan yang besar bagi anak untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru atau anak-anak lain. Lama kelamaan, anak akan dengan sendirinya mengembangkan toleransi dan penerimaan saat mereka berteman dengan para skater dari berbagai kalangan.

Intinya, skateboard sangat layak untuk Anda tawarkan kepada anak jika Anda ingin membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan menjadi sosok yang lebih humble sekaligus mudah berteman.

Sekian informasi tentang 5 manfaat bermain skateboard untuk anak-anak yang layak dipertimbangkan. Bagi Anda yang tertarik untuk memperkenalkan anak dengan olahraga skateboard, pastikan Anda tidak ragu untuk mendaftarkan mereka ke kelas skateboard dasar guna membantunya belajar keterampilan penting dalam skateboarding seperti cara berhenti dan cara jatuh tanpa melukai diri sendiri. Jangan lupa juga untuk berinvestasi pada alat pelindung seperti helm, pelindung pergelangan tangan, bantalan lutut dan siku, serta sepatu tertutup demi keamanan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER